Kantor Dinkes Sampang. (Wiwit/Jurnalmojo)

Angka Kasus Stunting Kabupaten Sampang Terendah se Madura

SAMPANG (Jurnalmojo.com) – Sungguh luar biasa capaian kinerja lintas sektor di Kabupaten Sampang dalam upaya menekan bahkan menurunkan angka Stunting sehingga Sampang merupakan kabupaten terendah angka Stunting se Madura dan yang lebih membanggakan menyamai angka Stunting kota terbaik secara nasional,seperti DKI Jakarta,Bali, dan Yogyakarta. Kamis ( 15/9/2022).

Berkat prestasi tersebut Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sampang, Madura mendapatkan pujian langsung dari Kepala BKKBN RI Hasto Wardoyo atas keberhasilan dengan jumlah angka stunting terendah se Madura dan menyamai angka terbaik kota secara nasional .

Wakil Bupati Sampang, H Abdullah Hidayat menuturkan, penurunan angka prevalensi stunting di wilayah kerjanya setiap tahunnya menurun, bahkan terhitung sejak empat tahun yang lalu, mulai dari 2018 hingga 2021.

Kemudian Aba Ab menambahkan, untuk 2018 turunnya angka stunting di Sampang mencapai 47,9%, 2019 34,39 %, dan 2021 17,2%. Penurunan angka stunting tidak terlepas dari beberapa upaya yang telah dilakukan terutama koordinasi dengan setiap Organisasi Perangkat Daerah (OPD) atau intansi lain, seperti Kemenag Sampang.

“Kami apresiasi dalam koordinasinya memberikan arahan kepada masyarakat agar tidak nikah di usia dini karena termasuk salah satu faktor terjadinya stunting terhadap anak atau keturunan,’ ungkapnya.

Sementara itu Kabid Kesehatan Masyarakat Dinkes Sampang Agus Mulyadi menyampaikan, pencapaian angka stunting terendah se Madura bahkan 10 besar se Jawa Timur berkat kerjasama dan koordinasi OPD dan dinas terkait.

Lanjut Agus, tidak terlepas memastikam calon pengantin dan Puskesmas dan Kemenag, calon pengantin harus diperiksa oleh fasilitas kesehatan dan mendapat suplemen berupa laduni.

“Kami juga memastikan calon pemgantin sehat dengan pendataan dan penapisan ibu hamil berisiko dan memastikan ibu hamil mendapat laduni dan pemeriksaan kesehatan oleh tenaga keaehatan,” tukasnya. (wit/jek)

Bagikan Ini

Komentar Anda

Komentar