AKBP Apip Ginanjar selaku Kapolres Mojokerto (FOTO/IST)

Tiga Desa Wilayah Hukum Polres Mojokerto Dinyatakan Rawan pada Pilkades Serentak 2022

MOJOKERTO (jurnalMojo.com) – Pada tanggal 14 September 2022 mendatang, akan diselenggarakan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) Serentak tahun 2022. Dari jumlah total 33 desa yang ikut menyelenggarakam, ada 3 desa yang dinyatakan rawan di wilayah hukum Polres Mojokerto.

AKBP Apip Ginanjar selaku Kapolres Mojokerto mengungkapkan, ada tiga titik rawan tersebut diantaranya Desa Rejosari Kecamatan Jatirejo, Desa Temon Kecamatan Trowulan dan Desa Ngarjo di Kecamatan Mojoanyar.

Menurut Apip, tiga desa tersebut termasuk rawan sebab tingkat dilihat adanya sporal. Yaitu indeks penilaian dari Sat Intelkam Polres Mojokerto. Seperti jumlah calon, incumbent, permasalahan sebelumnya sehingga dikategorikan rawan.

“Jadi ada beberapa faktor, indeks yang memang sebelumnya sudah ditetapkan. Misalnya, calon Kades ada dua atau lima itu kan berbeda. Untuk indeks kerawanannya kan berbeda. Pasti kan yang lebih rawan kan yang lebih banyak karena massanya kan terpecah,” terangnya pada Kamis (08/09/2022).

Masih menurut Kapolres, tingkat pengamanan pada tiga desa yang masuk kategori tersebut, dalam penjagaan rencananya akan ditambah jumlah personil. Selain itu, di tiga desa tersebut akan dilakukan patroli lebih intensif lagi. Pihaknya pun telah mengadakan sosialisasi dan edukasi.

Menurutnya, pihaknya telah mengantisipasi hal tersebut lewat Penegakkan Hukum Terpadu (Gakkumdu) yang telah dibentuk dibawa kepemimpinan Bupati Mojokerto.

“kita tidak bekerja sendiri. Gakkumdu itu yang berjalan karena laporannya dari masyarakat yang kita tindak lanjuti informasi itu,” pungkasnya.

Ia menambahkan, dalam pengamanan Pilkades Serentak 2022, Polres Mojokerto menurunkan 1.200 personel guna mengamankan 204 Tempat Pemungutan Suara (TPS) di wilayah hukum Polres Mojokerto, yakni di 33 desa yang ada di 12 kecamatan.

Wilayah-wilayah yang dimaksud tersebut diantaranya di Kecamatan Jatirejo yaitu Desa Rejosari, di Kecamatan Sooko yaitu Desa Mojoranu, di Kecamatan Ngoro ada tiga desa, yakni Desa Kutogirang, Kunjorowesi, Candiharjo, sedangkan di Kecamatan Gondang yaitu Desa Dilem, Gondang dan Kemasantani.

Sementara Di Kecamatan Mojosari, ada dua desa, yakni Desa Belahantengah dan Awang-Awang, di kecamatan Pungging, yaitu Desa Tempuran, Banjartanggul, Randuharjo, Ngrame, dan Purworejo.
Kecamatan Kutorejo yaitu Desa Kepuharum, Sawo dan Karangasem, serta di Kecamatan Dlanggu, yakni Desa Sambilawang dan Sawo.

Sedangkan di Kecamatan Puri yaitu Desa Banjaragung dan Puri, di Kecamatan Trowulan yaitu Desa Temon, Sentonorejo, Kejagan, Jatipasar dan Wonorejo, di Kecamatan Mojoanyar yaitu Desa Sadartengah, Gebangmalang dan Ngarjo. Serta di Kecamatan Bangsal, yakni Desa Pacing, Gayaman dan Ngrowo.

di wilayah hukum Polresta Mojokerto, Pilkades digelar di tiga kecamatan diantaranya di Kecamatan Dawarblandong yaitu Desa Gunungan. Di kecamatan Jetis, yaitu Desa Canggu, Ngabar, Jetis, dan Lakardowo. Serta di Kecamatan Gedeg, yaitu Desa Sidoharjo, Batankrajan dan Pagerejo. (sen/jek)

Bagikan Ini

Komentar Anda

Komentar