Suasana pembukaan Bimtek oleh Bupati Mojokerto di Grand Whiz Trawas (Hasan Assegafh)

AKD Kecamatan Sooko Gelar Bimtek Peningkatan Kapasitas Perangkat Desa

Pemberian Cinderamata kepada Bupati Mojokerto (Hasan Assegafh/jurnalMojo.com)

MOJOKERTO (jurnalMojo.com) — Bersinergi dengan Asosiasi Kepala Desa (AKD), Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Mojokerto menggelar acara Bimbingan Teknis (Bimtek) Peningkatan Kapasitas Perangkat Desa.

Acara ini digelar di Hotel Grand Whiz, Kecamatan Trawas, Kabupaten Mojokerto.
Dan berlangsung pada tanggal 5 sampai 6 Agustus 2022, dengan diikuti oleh seluruh perangkat desa se-Kecamatan Sooko.

Ahmad Farid Alwy selaku Ketua Asosiasi Kepala Desa (AKD) Kecamatan Sooko, sekaligus Ketua Panitia Bimtek Peningkatan Kapasitas Perangkat Desa, menjelaskan bahwa pada acara tersebut terbagi menjadi dua kelas.

“Kelas A, itu nanti dipakai untuk perangkat desa. Dan kelas B nanti dipakai untuk khusus kepala desa. Pemateriannya juga khusus. Kalau dari kepala desa itu nanti ada dari Kejaksaan, Tipikor dan narkoba. Kemudian yang dari perangkat nanti, yang akan memberi materi adalah dari inspektorat sama DPMD,” terang Ahmad Farid Alwy.

Ketua AKD Kecamatan Sooko, Ahmad Farid Alwy saat sambutan (Ujeck/jurnalMojo.com)

Menurutnya, acara ini bisa terselenggara atas kerjasama yang kompak antara kepala desa dari masing-masing desa beserta para perangkatnya, termasuk dalam hal penganggarannya.

Sementara itu, Ikfina Fahmawati Bupati Mojokerto, berharap setelah diadakannya Bimtek ini kedepannya para kepala desa dan perangkat desa akan lebih memahami terkait dengan tugas dan fungsinya di posisinya masing-masing.

Ia menambahkan, bahwa hal tersebut untuk mendukung penyelenggaraan pemerintahan desa yang lebih profesional. Karena kedepannya para perangkat desa tidak hanya dituntut untuk bisa memberikan pelayanan tetapi juga bisa mandiri di segala bidang.

“Ini satu tantangan yang luar biasa. Sehingga memang kegiatan seperti ini sangat penting. Jadi saya mengapresiasi dan luar biasa. Apalagi kalau penyelenggaraannya dijadikan satu ini bagus sekali. Akan membuka diskusi antar pemerintahan desa dalam satu wilayah kecamatan,” pungkasnya.

Sosok nomor satu dilingkup Kabupaten Mojokerto tersebut juga menambahkan, apabila acara semacam ini bisa berlanjut dan terencana dengan baik, serta bisa berjalan dengan rutin, maka selain sebagai Bimtek, kedepannya acara ini juga bisa dijadikan sebagai ajang evaluasi terkait berbagai program.

Sebagai informasi, untuk tahun ini, Kecamatan Sooko adalah pionir dari acara Bimtek Peningkatan Kapasitas Perangkat Desa ini. Kedepannya, diharapkan acara serupa bisa dilaksanakan di seluruh kecamatan yang ada di Kabupaten Mojokerto.  (sen/has)

Bagikan Ini

Komentar Anda

Komentar