Ning Ita menerima penghargaan KLA dari Kementerian PPPA RI kategori Madya. (Dok. Diskominfo Kota Mojokerto)

Kota Mojokerto Mendapat Penghargaan KLA 2022 Kategori Madya   

MOJOKERTO (jurnalMojo.com) $Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (KPPPA) memberikan penghargaan kepada Pemerintah Kota (Pemkot) Mojokerto sebagai Kota Layak Anak (KLA) Tahun 2022 Kategori Madya.

Penerimaan penghargaan tersebut dilakukan secara virtual melalui video confrence oleh Walikota Mojokerto, Ika Puspitasari, di Sabha Pambojana Rumah Rakyat, Jalan Hayam Wuruk 50, Kota Mojokerto, pada Jumat (22/07/2022) malam.

Walikota Mojokerto mengungkapkan bahwasannya Apresiasi Penghargaan KLA diberikan kepada pemerintah daerah yang dinilai memiliki komitmen tinggi guna mendukung pemenuhan hak dan perlindungan anak.

“Prestasi ini merupakan komitmen dari Pemerintah Kota Mojokerto dalam pemenuhan hak dan perlindungan anak karena anak-anak merupakan aset yang dikemudian hari akan menjadi generasi penerus bangsa,” jelas Ning Ita, sapaan akrab Walikota Mojokerto.

Ia juga berharap penghargaan tersebut bisa menjadi inspirasi dan penyemangat untuk lebih meningkatkan lagi pemenuhan hak-hak anak pada tahun-tahun yang akan datang.

Ia menambahkan bahwa penghargaan tersebut bukanlah tujuan akhir, tapi yang paling penting ialah menjaga komitmen dalam menjamin pemenuhan hak dan perlindungan khusus anak.

Sedangkan Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, I Gusti Ayu Bintang Darmawati, pada sambutannya mengungkapkan bahwasannya anak memiliki hak-hak yang harus dipenuhi oleh pemerintah tentunya dengan berkolaborasi dengan masyarakat, media dan dunia usaha untuk empat pilar pembangunan anak.

Perempuan yang lebih akrab disapa Bintang Puspayoga menjelaskan bahwa dalam pemenuhan hak dan perlindungan anak, serta pemberdayaan perempuan itu tidak dapat diselesaikan sendiri oleh Kementerian tanpa bersinergi dan berkolaborasi dengan Pemerintah Daerah.

Ia menambahkan, bahwa peran Gubernur, Bupati atau Walikota akan sangat penting dalam mewujudkan pemenuhan hak anak dan perlindungan anak serta pemberdayaan perempuan di daerahnya masing-masing

Sebagi informasi, di  tahun 2022 ini, atas penilaian secara objektif, Kementerian Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak memberikan apresiasi kepada 312 Kabupaten/Kota yang terdiri dari 8 utama, 66 Nindya, 117 Madya, 121 Pratama. Penghargaan juga diberikan pada 8 provinsi yang sudah melaksanakan upaya keras guna wujudkan provinsi layak anak. (sen/jek)

Bagikan Ini

Komentar Anda

Komentar