Suasana sosialisasi pendidikan pemilih kepada Penyandang Disabilitas.

Sosialisasikan Pendidikan Pemilih, KPU Provinsi Jatim Sasar Penyandang Disabilitas di Sampang

SAMPANG (Jurnalmojo.com) – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Jawa Timur pada menggelar sosialisasi dan pendidikan pemilih dengan menyasar segmen disabilitas di daerah pelanggaran pemilu tinggi bertempat di kantor KPU Kabupaten Sampang, Kamis (14/7/2022).

Anggota KPU Provinsi Jawa Timur Divisi Sosdiklih dan Parmas Gogot Cahyo Baskoro menyampaikan kegiatan ini merupakan bentuk komitmen KPU untuk mewujudkan Pemilu yang inklusif.

“Karena pemilih segmen disabilitas memiliki hak yang sama dalam pemilu dan pemilihan sebagai warga negara, baik hak untuk dipilih maupun untuk memilih. Disabilitas bukan halangan untuk mencalonkan diri sebagai anggota legislatif maupun eksekutif. Hanya saja kesetaraan hak ini belum dipahami secara baik,” paparnya.

Sementara itu, Ketua KPU Kab Sampang Addy Imansyah menyampaikan dipilihnya Sampang sebagai lokasi sosialisasi pendidikan pemilih segmen disabilitas oleh KPU Provinsi Jatim atas pertimbangan tingginya persepsi negatif masyarakat terhadap penyandang disabilitas, jumlah pemilih disabilitas tinggi dan potensi pelanggaran tinggi.

“Kami berupa sedini mungkin menginventarisasi masalah atau hambatan yang bakal dihadapi  penyandang disabilitas. Termasuk kegiatan sosialisasi ini, semoga bisa membuka hambatan informasi soal hak-hak politiknya dalam Pemilu.

Kemudian pihaknya menjelaskan sosialisasi juga menjadi pintu masuk untuk kerja-kerja kolaboratif lainnya yang melibatkan banyak pihak untuk bersama-sama memastikan hak politik penyandang disabilitas.

“Jangan sampai hanya karena persoalan teknis prosedural, hak politik penyandang disabilitas dalam Pemilu terabaikan. Sepanjang memenuhi syarat, hak mereka sama dengan pemilih lainnya,” pungkasnya. (red)

Bagikan Ini

Komentar Anda

Komentar