Ketua KPU Sampang Addy Imansyah. (Foto : Istimewa)

KPU Sampang Komitmen Fasilitasi Pemilih Disabilitas

SAMPANG (Jurnalmojo.com) – Komisi Pemilihan Umum ( KPU) Kabupaten Sampang siap memfasilitasi pemilih disabilitas pada Pemilu tahun 2024.

Komitmen tersebut disampaikan Anggota KPU Sampang Divisi Sosdiklih Parmas dan SDM KPU Kabupaten Sampang Taufiq Rizqon saat menjadi narasumber dalam  sosialisasi pendidikan pemilih yang diselenggarakan oleh KPU Provinsi Jawa Timur di Aula KPU Sampang, Kamis (14/7/2022).

Menurutnya, fasilitasi terhadap pemilih disabilitas tersebut sudah sesuai dengan ketentuan. Mereka perlu didata secara khusus dan akses TPS bisa  didampingi bagi disabilitas kategori berat saat pencoblosan di TPS nanti atas persetujuan pemilihserta menjaga kerahasiaan pilihannya.

Masih kata Taufiq, perlakuan terhadap penyandang disabilitas tentunya beda dengan orang normal, sebab mereka berkebutuhan khusus dan faktor kenyaman aksesbilitas dalam partisipan Pemilu perlu diperhatikan.

“Kami berharap dengan kegiatan ini antusias partisipan Pemilu 2024 para penyandang disabilitas bisa menggunakan hak politiknya sebagai pemilih cerdas,”harapnya.

Sementara itu, Ketua Perkumpulan Penyandang Disabilitas Indonesia ( PPDI) Sampang Munawi mengatakan, mengucapkan terima kasih kepada KPU Provinsi Jawa Timur yang telah melaksanakan kegiatan sosialisasi dan pendidikan bagi pemilih penyandang disabilitas.

“Kami mewakili PPDI Sampang siap mensukseskan Pemilu 2024 sebagai pemilih cerdas,” tutupnya. (red)

Bagikan Ini

Komentar Anda

Komentar