Ilustrasi hewan kurban. (Pixels by Naomi Salome)

Simak Cara Memilih Hewan Qurban Yang Baik Dan Benar

Jurnalmojo.com – Beberapa hari lagi umat Islam akan merayakan Hari Raya Idul Adha. Berbicara mengenai hari raya idul Adha, pasti tidak lepas dengan yang namanya hewan kurban.

Hewan kurban adalah jenis hewan yang disembelih untuk dibagikan kepada masyarakat pada hari raya idul Adha

Macam-macam hewan yang boleh dikurbankan menurut syariat, diantaranya:
unta, sapi, kambing, atau domba.

Sebelum melaksanakan kurban, ada baiknya umat Islam mengetahui bagaimana syarat dan cara memilih hewan kurban yang baik dan benar.

Hal tersebut agar hewan yang hendak dikurbankan, sudah sesuai dengan syarat dan syariat yang telah dianjurkan oleh agama. .

Dilansir dari berbagai sumber, berikut JurnalMojo uraikan syarat dan cara memilih hewan kurban kambing yang baik dan benar.

  1. Hewan yang hendak dikurbankan harus dalam keadaan sehat

Penting untuk memastikan hewan yang akan dikurbankan dalam keadaan yang sehat dan terbebas dari penyakit. Ada beberapa cara untuk memastikan hewan yang akan dikurbankan dalam keadaan sehat.

Secara umum, ciri-ciri hewan yang sehat diantaranya berdiri tegak, bulu hewan bersih, cara bernapas normal, suhu badan maksimal 39 derajat celcius, tinja dan urine normal, anus bersih, tidak kurus dan lincah, serta perhatikan lubang hidung dan mulut. Lubang tersebut harus dipastikan bersih dan tidak berlendir, dan tidak berdarah

  1. Hewan kurban harus dalam kondisi layak

Pastikan hewan yang akan dikurbankan dalam keadaan yang layak. Layak yang dimaksud adalah sesuai dengan anjuran medis dan syariat Islam.

Ciri-ciri dari hewan yang layak dikurbankan adalah tidak pincang, tidak buta, telinga tidak rusak atau cacat, dan sudah ditumbuhi sepasang gigi tetap.

  1. Utamakan hewan yang bertubuh besar dan juga gemuk

Alasan ini adalah agar hewan yang dikurbankan memiliki daging yang banyak paling tidak cukup untuk banyak orang. Sehingga penting untuk memilih hewan kurban yang besar dan gemuk.

  1. Hewan kurban harus sudah cukup umur

Tidak dianjurkan untuk mengorbankan hewan yang masih belum cukup umurnya. Cukup umur yang dimaksud dapat dilihat dari beberapa ciri, misalnya ditandai dengan tumbuhnya sepasang gigi tetap.

Sedangkan bila dari sisi usia, Untuk kurban unta minimal berusia lima tahun dan telah masuk tahun keenam. Sementara untuk sapi, minimal berusia dua tahun dan telah masuk tahun ketiga. Dan untuk domba harus memasuki usia satu tahun, serta kambing minimal berusia satu tahun serta telah masuk tahun kedua.

  1. Harus memperhatikan kepemilikan hewan

Hewan yang boleh dikurbankan harus milik sendiri, baik dari hasil ternak atau melalui jual beli yang sah. Apabila hewan kurban tersebut hasil curian, hewan gadai, dan hewan waris yang belum dibagi tidak boleh dikorbankan.

Itulah beberapa syarat hewan yang boleh dikurbankan. Pastikan hewan yang akan anda kurbankan sudah memenuhi syarat tersebut. (sen/jek)

Bagikan Ini

Komentar Anda

Komentar