Ilustrasi pendaftaran PPDB online. (Mary Taylor/Pexels.com)

Simak Persyaratan, Mekanisme dan Alur Pelaksanaan PPDB 2022 SMPN Kota Mojokerto Jalur Zonasi

MOJOKERTO (Jurnalmojo.com) – Memasuki tahun ajaran baru, sejumlah Sekolah di Kota Mojokerto mulai membuka Pendaftaran Peserta Didik Baru (PPDB) secara online. Termasuk untuk calon siswa tingkat Sekolah Menengah Pertama (SMP).

Dalam waktu dekat, sejumlah SMP Negeri di Kota Mojokerto ini akan segera membuka PPDB jalur zonasi untuk tahun ajaran 2022/2023. Sedangkan untuk jalur yang lain, yakni Afirmasi, Kelas Olahraga, Perpindahan Tugas Orang Tua dan Prestasi sudah dilaksanakan.

Pelaksanaan PPDB jalur zonasi secara online ini telah dijadwalkan akan dimulai pada tanggal 27 Juni 2022 dari pukull 07.30 WIB sampai  1 Juli 2022 pukul 12.00 WIB.

Agar bisa melaksanakan proses pendaftaran dengan tepat dan benar, maka ada persyaratan, mekanisme dan alur yang harus diketahui, baik oleh calon peserta didik maupun orangtua siswa. Sehingga dalam prosesnya nanti bisa berjalan dengan lancar.

Dilansir dari situs mojokertokota.siap-ppdb.com, berikut persyaratan, mekanisme dan alur yang harus diketahui sebelum masuk proses pendaftaran SMP Negeri Kota Mojokerto..

Persyaratan agar bisa masuk SMP Negeri Kota Mojokerto:

●      Telah Lulus SD / MI / Paket A;

●      Memiliki ijasah Asli; atau surat tanda lulus ujian kesetaraan paket A;

●      Berusia setinggi-tingginya 15 tahun pada awal Tahun pelajaran baru (1 Juli 2022);

●      Calon peserta didik tidak bertato dan tidak bertindik bagi peserta laki-laki;

●      Bagi Anak Berkebutuhan Khusus (ABK) dengan kelainan khusus dapat diterima di sekolah Pendidikan Khusus dan Layanan Khusus (PKLK) yang telah ditetapkan oleh Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Mojokerto.

Sedangkan mekanisme PPDB secara online untuk calon siswa SMP Negeri di Kota Mojokerto adalah:

●      Calon siswa melakukan pendaftaran secara online. Bagi pendaftar dari luar Kota Mojokerto atau Lulusan SD/MI Luar Kota Mojokerto harus melampirkan scan dokumen asli (KK, Akta Kelahiran, dan dokumen foto diri di depan rumahnya yang menunjukkan titik koordinat domisili);

●      Calon siswa memilih dan mendaftar ke sekolah secara mandiri di situs siap PPDB Online;

●      Calon siswa menyimpan nomor pendaftarannya;

●      Calon siswa melihat hasil secara online kapan saja dan di mana saja

Alur jalur zonasi yang harus dilalui oleh para calon peserta didik adalah sebagai berikut:

siap podb.com

●      Langkah 1, Siswa dalam kota. langsung aktivasi akun menggunakan NISN dan Token yang diberikan oleh Dinas Pendidikan pada https://mojokertokota.siap-ppdb.com. Sedangkan untuk siswa luar kota (non-database), melakukan pengajuan akun lalu menunggu proses pengajuan akun tersebut. Setelah diverifikasi oleh operator barulah lanjut aktivasi akun dan login pasca aktivasi akun pada https://mojokertokota.siap-ppdb.com

●      Langkah 2, untuk siswa dalam kota, langsung pilih sekolah tujuan sesuai dengan zonasinya dan simpan. Sedangkan untuk siswa luar kota (non-database), pada saat ajuan akun mengunggah dokumen persyaratan sehingga dapat diverifikasi operator.

●      Langkah 3, bagi siswa dalam kota, selanjutnya adalah cetak atau simpan bukti pendaftarannya dan proses pun selesai. Sedangkan bagi siswa luar kota (non-database), tunggu proses verifikasi oleh operator. Cek status verifikasi dengan NISN dan token yang didapat saat ajuan akun.

●      Langkah 4, khusus bagi siswa luar kota (non-database). Jika sudah diverifikasi pengajuan akunnya, selanjutnya lakukan aktivasi akun, kemudian langsung login/pilih sekolah. Langkah berikutnya adalah simpan atau cetak bukti pendaftaran tersebut. Proses pendaftaran pun selesai.

Demikian persyaratan, mekanisme dan alur yang harus diketahui oleh para calon peserta didik dan orang tua. Agar bisa mengikuti PPDB secara online dengan baik dan benar. (sen/jek)

Bagikan Ini

Komentar Anda

Komentar