Gambar Flyer/Poster Pelatihan Certified Financial Report (CFR) Batch 5 (Moh. Hosen/jurnalMojo.com)

Lembaga AR Learning Center Sukses Adakan Kembali Pelatihan Certified Financial Report (CFR) Batch 5 Secara Online

Saat acara pelatihan certifieds financial report (CFR) batch 5 melalui media online (Moh. Hosen/jurnalMojo.com)

MOJOKERTO (jurnalMojo.com) — Lembaga AR Learning Center adalah lembaga pelatihan & sertifikasi dengan tagline sebagai “Pusat Pembelajaran dan Pengkaderan”.

Berangkat dari visi AR Learning Center yaitu “Menjadi Pusat Pembelajaran yang sukses Kaderisasi “, Lembaga AR Learning Center Berdiri Sejak 07 Juni 2020 di bawah naungan Yayasan Pusat Pembelajaran Nusantara.

Lembaga ini memberikan atau menyediakan banyak kelas terkait kompetensi diri, salah satunya yaitu kelas sertifikasi financial report atau yang dikenal dengan Certified Financial Report (CFR).

Kegiatan CFR kali ini diadakan pada Minggu, 19 Juni 2022, dilaksanakan secara daring melalui grup WhatsApp dan Zoom. Pelatihan tersebut dimulai pukul 09.00 sampai dengan 11.00 WIB.

Pada kesempatan kali ini, pelatihan tersebut menghadirkan narasumber yang sangat luar biasa dan tentunya berpengalaman di bidangnya. Beliau adalah Yuniati, yang merupakan dosen akuntansi di Universitas Muhammadiyah Bandung.

Selain itu, beliau adalah seorang trainer yang merupakan praktisi dibidang akuntansi dan pajak.

Sedangkan Presty Zulianingsih adalah selaku moderator di dalam acara pelatihan tersebut.

Pelatihan ini diikuti oleh sebanyak 17 orang peserta yang berasal dari berbagai macam daerah di Indonesia dan berbagai macam profesi. Seperti mahasiswa, dosen,  praktisi dari KAP, wiraswasta, dan lain-lain.

Kegiatan pelatihan Certified Financial Report (CFR) ini juga terdiri dari berbagai kegiatan, dimulai dari pembukaan, perkenalan, pemaparan materi, tanya jawab, sampai pada penutup.

“Laporan keuangan sangat penting bagi perusahan,” terang Yuniati saat menyampaikan materi.

“Karena laporan keuangan sebagai dasar untuk melihat perusahaan kita apakah naik atau turun. Dan juga dengan adanya laporan keuangan bisa melihat apakah proses pencatatan suatu perusahaan sudah benar atau salah. Serta dengan pembukuan juga akan menjadi bukti histori transaksi yang pernah dilakukan suatu perusahaan,” sambung Yuniati yang juga akrab dipanggil Coach Yuni.

Saat pemaparan materi tersebut, juga dijelaskan bagaimana tahapan proses pembuatan laporan keuangan, perbedaan antara Cash Basis dan Accrual Basis serta cara penggunaan dari masing-masing basis laporan keuangan tersebut.

Pada kesempatan tersebut Coach Yuni juga mengenalkan software akuntansi, yakni “Accurate”. Hal terdebut agar lebih efesien dalam membuat suatu laporan keuangan perusahaan.

Meskipun materi mengenai laporan keuangan ini cukup banyak dan cukup rumit, namun pemateri mampu memberikan penjelasan dengan baik dan mudah dipahami oleh semua peserta. Hal ini didukung dengan suasana kelas yang kondusif dan selalu ada peserta yang aktif bertanya atau menanggapi.

Setelah pemaparan materi di Zoom, Presty Zulianingsih selaku moderator memberikan beberapa tugas akhir dari kegiatan yang sudah dilaksanakan melalui Whatsapp Group. Dimana tugas ini merupakan prasyarat yang harus dikerjakan oleh semua peserta untuk dapat lulus dari pelatihan Certified Financial Report ini dan berhak mendapatkan gelar non-akademik yaitu Certified Financial Report (C.FR).

Pelatihan bersertifikat CFR ini sangat bermanfaat bagi semua kalangan, khususnya bagi orang orang yang ingin meningkatkan kemampuan dalam penyusunan laporan keuangan.

Dan dari pelatihan ini, diharapkan peserta mampu memahami pentingnya laporan keuangan, bagaimana cara perusahaan membuat laporan keuangan berdasarkan siklus akuntansi, dan mampu menganalisis laporan keuangan serta dalam proses pengambilan keputusan terkait arah pengembangan perusahaan kedepannya. (sen/jek)

Bagikan Ini

Komentar Anda

Komentar