Kasat Reskrim Polres Mojokerto, AKP Gondam saat dikonfirmasi awak media.(Hasan Assegafh/Jurnalmojo)

Polisi Gadungan Diringkus Warga Saat Hendak Menangkap, Petugas Temukan ID Card Wartawan

MOJOKERTO (jurnalMojo.com) — Tiga orang pria yang mengaku sebagai anggota polisi berhasil diamankan warga di Dusun Kweden, Desa Balongwono, Kecamatan Trowulan, Kabupaten Mojokerto, Sabtu (08/05/2022) malam.

Komplotan ini mengaku sebagai petugas kepolisian dan hendak menangkap Bambang (24) warga setempat dengan dalih kasus narkoba.

Ketiganya ialah Iskak (29), asal Desa Seketi, Kecamatan Balongbendo, Sidoarjo. Kemudian Rendrika Pramana Putra (30) asal Desa Segodobancang, Kecamatan Tarik, Sidoarjo, dan Sugeng (32) asal Desa Kesambenkulon, Kecamatan Wringinanom, Gresik.

Kasat Reskrim Polres Mojokerto, AKP Gondam, mengatakan, mereka telah memilik peran masing masing untuk mencari sasaran korban.

“Mereka modusnya bertindak sebagai polisi, lalu menakuti nakuti korban dengan cara kalau tidak bersedia memberikan uang yang mereka akan dibawa ke Polda Jatim,” kata Kasat. Senin (09/05/2022) siang.

Namun, pada saat di lokasi Trowulan, Kasat menambahkan, keluarga korban curiga dengan gerak gerik ketiga pelaku yang tidak bisa menunjukan surat tugas maupun kartu tanda anggota.

“Mereka diamankan warga sekitar dan orang tua korban,” tambahnya.

Namun, setelah dilakukan penyelidikan, komplotan ini telah melakukan aksinya hingga tujuh lokasi dan berhasil memeras korban hingga puluhan juta rupiah.

“Kita kalkulasi total semuanya kurang lebih 100 jutaan karena ada yang 50 juta 20 juta,” jelasnya.

Selain mengamankan pelaku, lanjut Kasat, pihaknya juga mengamankan satu unit mobil yang telah dirusak warga dan tiga kartu ID Card wartawan yang sesuai dengan identitas dua pelaku.

“Ada juga id card wartawan buser 110 dan globaljatim. Mereka bawa itu dan sesuai identitas mereka,” terangnya.

Guna mempertanggungjawabkan perbuatanya, mereka diancam dengan pasal 378 ancaman hukumanya lima tahun penjara.(has/jek)

Bagikan Ini

Komentar Anda

Komentar