Bupati Mojokerto, Ikfina Fahmawati saat menyerahkan potongan tumpeng kepada Ketua DPRD Ayni Zuroh (Ujeck/jurnalMojo.com)

Hari Jadi Kab Mojokerto Ke 729, Bupati Ikfina Ajak Masyarakat Kerja Keras, Bangkit dan Maju

Bupati didampingi Wabup dan Sekdakab bersama penerima penghargaan (Diskominfo Kab Mojokerto for jurnalMojo.com)

MOJOKERTO (jurnalMojo.com) — Pemerintah Kabupaten Mojokerto menggelar upacara dalam rangka Peringatan Hari Jadi ke-729 Kabupaten Mojokerto Tahun 2022.

Prosesi upacara digelar usai libur dan cuti bersama Idul Fitri 1443 H ini, digelar di halaman Pemkab Mojokerto, Jalan A. Yani, dengan inspektur upacara Bupati Mojokerto Ikfina Fahmawati.

Seperti diketahui, hari jadi Kabupaten Mojokerto ditetapkan pada 9 Mei 1293. Penetapan tanggal tersebut melalui diskusi panjang dengan berbagai fakta sejarah terkait rangkum peristiwa yang terjadi pada saat itu.

Sedangkan tema peringatan hari jadi Kabupaten Mojokerto 2022 adalah ‘Bersama Bekerja Keras Untuk Bangkit dan Maju’. Sehingga terwujud masyarakat Kabupaten Mojokerto yang lebih maju, adil dan makmur melalui penguatan infrastruktur dan peningkatan kualitas SDM.

Bupati Mojokerto, Ikfina Fahmawati mengatakan, bahwa hari ini adalah Hari Jadi Kabupaten Mojokerto ke-729. Tentunya, ini adalah suatu hal yang sangat luar biasa karena saat ini semua bersama-sama melakukan kilas balik sejarah berdirinya Kabupaten Mojokerto.

“Kemudian kita melaksanakan berbagai evaluasi terkait program-program kerja yang sudah dilaksanakan sejauh Kabupaten Mojokerto berdiri, dan kemudian melaksanakan program pembangunan masyarakat,” katanya usai upacara, Senin (09/5/2022).

Selanjutnya, tutur Ikfina, adalah momen bersama-sama bersinergi membuat suatu perencanaan terbaik berupa pencapaian statuta untuk masyarakat Kabupaten Mojokerto. Ini adalah momen yang spesial, karena berada di pasca tahun kedua pandemi Covid-19.

“Maka yang harus kita lakukan adalah, segera mengembalikan sebuah dampak, segera menyesuaikan diri dengan segala situasi yang ada. Bersama-sama hidup berdampingan dengan Covid-19 tanpa harus sakit dan kemudian harus tetap produktif,” ujarnya.

Ikfina menandaskan, maka dari itu tema yang diangkat adalah ‘Bersama’. Karena segala sesuatu yang dihadapi, baik segala kekurangan yang harus dipenuhi maupun segala dampak yang diterima akibat pandemi ini, hanya bisa diatasi dan dihadapi bersama-sama.

“Makanya harus bersama-sama. Kemudian bekerja keras. Kalau ingin segera pulih, maka kerja keras adalah satu hal yang harus diutamakan. Tidak sendiri namun bersama-sama. Dan kemudian kita ingin mencapai satu kebangkitan dan kemajuan,” tandasnya.

Selaras dengan cita-cita negara, kata Ikfina, bahwa semua ingin negara Indonesia tidak lagi menjadi negara berkembang. “Kita ingin bersama-sama menjadi satu masyarakat peradaban yang maju. Kita semuanya harus mendukung itu,” paparnya.

Dan kembali pada visi misi Pemda Kabupaten Mojokerto, tegas Ikfina, bahwa pihaknya ingin meningkatkan, mencapai satu masyarakat Kabupaten Mojokerto yang lebih maju, adil dan makmur,

“Ada dua skenario besar, yaitu penguatan infrastruktur di segala bidang dan juga peningkatan kualitas sumber daya manusia (SDM). Ini bersama-sama dilaksanakan, berusaha pulih, bangkit, dan kembali pada cita-cita menuju Indonesia maju,” urainya.

Usai pelaksanaan upacara, Bupati Mojokerto didampingi Wakil Bupati Mojokerto melakukan pemotongan tumpeng. Dan selanjutnya potongan tumpeng oleh Bupati Ikfina diserahkan kepada Ketua DPRD Kabupaten Mojokerto.

Hadir dalam upacara Hari Jadi Pemkab Mojokerto ke-729 yakni Wakil Bupati Mojokerto bersama jajaran Forkopimda Kabupaten Mojokerto, Sekretaris Daerah Kabupaten Mojokerto, Ketua DPRD Kabupaten Mojokerto, Staf Ahli Bupati Mojokerto, Asisten, kepala OPD, Direktur BUMD, para camat dan undangan. (jek/adv)

 

 

Bagikan Ini

Komentar Anda

Komentar