Penyerahan surat bebas oleh Kalapas kepada narapidana yang bebas. (Humas Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIB Mojokerto for Jurnalmojo.com.)

Berkah Hari Raya, 326 Napi Lapas Kelas IIB Mojokerto Mendapat Remisi, 4 Diantaranya Bebas

MOJOKERTO (jurnalMojo.com) — Berkah di hari Raya Idul Fitri 1443 H dirasakan oleh beberapa nara pidana (Napi) Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIB Mojokerto. Pasalnya, sebanyak 326 Napi mendapatkan remisi.

Dari 326 napi yang mendapatkan remisi pada lebaran kali ini, 4 diantaranya bisa langsung pulang menghirup udara bebas.

Hal ini disampaikan oleh, Kepala Lapas Kelas IIB Mojokerto, Dedy Cahyadi. Menurutnya, jika narapidana yang mendapat remisi khusus (RK) I atau pengurangan sebagian masa pidana dan RK II atau langsung bebas dari hukuman.

“Sebanyak 4 narapidana masuk RK II atau bebas, sementara 322 narapidana mendapatkan RK I,” katanya, Senin (02/05/2022) pagi.

Menurut Dedy, momen lebaran merupakan sesuatu yang ditunggu umat islam, maka dari itu, Kalapas memberikan kabar yang baik agar mendapatkan hikmat.

“Momen Hari Raya Idul Fitri ini menjadi hadiah yang sangat dinanti bagi sebagian warga binaan kami,” harapnya.

Kalapas menambahkan, pengurangan   narapidana di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIB Mojokerto merupakan mengurangi masa pidana yang beragam.

“Diantaranya meliputi 15 hari ada 75 narapidana, 1 bulan untuk 237 narapidana, 1 bulan 15 hari untuk 10 narapidana,” jelasnya.

Lanjut Dedy, jumlah total penguhuni lapas kelas IIB menjadi 959 orang. Terdiri dari 935 orang laki-laki dan 24 orang wanita.

“Narapidana narkotika sebanyak 709 orang, korupsi 13 orang, dan ilegal loging 3 orang,” tutupnya.(has/jek)

Bagikan Ini

Komentar Anda

Komentar