Salah satu pos pelayanan mudik lebaran yang didirikan Polisi di SPBU Bandarkedungmulyo Jombang (Rini Rosida/jurnalMojo.com)

Operasi Ketupat Semeru Tahun 2022, Ini Penjelasan Ditlantas Polda Jatim

JOMBANG (jurnalMojo.com) — Selama operasi ketupat semeru tahun 2022, aparat Kepolisian dari Polda Jawa Timur, mendirikan ratusan pos pelayanan (Pos Yan) dan Pos pengamanan (Pos Pam), di sejumlah wilayah yang ada di Jawa Timur.

Pendirian pos pam dan pos pan ini, diharapkan mampu mengatasi segala kendala yang terjadi selama arus mudik lebaran tahun 2022.

Ditlantas Polda Jatim, Kombes Pol Latif Usman mengatakan ada ratusan pos pam, pos yan hingga pos pam terpadu ini didirikan selama operasi ketupat semeru tahun 2022.

“Ada 189 pos pam, 55 pos yan dan 12 pos pam terpadu. Ini adalah upaya-upaya yang kita lakukan untuk keberadaan daripada anggota kita di lapangan,” bebernya, pada sejumlah jurnalis, Jumat (29/4/2022).

Dan selama arus mudik lebaran tahun ini, ada beberapa titik rawan yang harus diwaspadai para pemudik, baik yang melalui jalur tol maupun jalur arteri.

“Yang perlu diwaspadai khususnya di tol itu ada 8 titik. Kalau secara nasional yang menjadi perhatian nasional di jalur arteri itu ada di Mengkreng,” ungkapnya.

Dikatakan Latif selama pantauan dilakukan hingga hari ini, arus mudik di Jatim masih lancar. “Hari ini pertama arus puncak mudik di Jatim, masih lancar,” tegasnya.

Selain itu, jika nantinya terjadi kemacetan yang luar biasa, Polda Jatim sudah menyiapkan skema one way system. “Itu opsi terakhir, apabila lonjakan arus mudik ini melebihi 95 persen, dari 5 persen yang keluar, baru kita one way,” ucapnya.

Untuk saat ini kondisi arus mudik masih belum cukup parah sehingga belum diberlakukan system one way system. “Kondisi sekarang 60, 35 aja kita belum melakukan,” ujarnya.

Jika nanti memang prediksi ini terjadi, maka aka nada sejumlah langkah yang diambil, termasuk menonaktifkan pintu gerbang toll. “Tentunya pintu-pintu toll seperti Bandar, Nganjuk, Jombang, terutama di Waru akan kita alihkan lewat jalur arteri semuanya. Itu skemanya, dan akan kita buka mulai 574 untuk one way yang akan kita lakukan. Itu opsi terakhir ya,” pungkasnya.(nir/jek)

Bagikan Ini

Komentar Anda

Komentar