Kondisi sawah di Desa Daleman Kecamatan Kedungdung. (Tammim/Jurnalmojo)

Jelang Panen Padi, Petani di Sampang Diprediksi Gagal Untung

SAMPANG (JurnalMojo.com) – Jelang musim panen di Desa Daleman, Kecamatan Kedungdung, Kabupaten Sampang justru diserang virus mengakibatkan petani terancam gagal panen.

Tanaman padi mengalami kerusakan pada daun akar dan rumpun sehingga tanaman padi kering dan mati.

Bulir padi yang dihasilkan menjelang masa panen. Petani memprediksi akan berkurang dari musim panen sebelumnya, oleh karena itu para petani mengalami kerugian cukup banyak.

Salah satu petani Zainoel Arif mengeluh karena menjelang musim panen tanaman padinya diserang virus cukup luas. Untuk itu, dirinya berharap ada perhatian dari Pemerintah.

“Rata-rata tanaman padi petani di Desa Daleman, Kecamatan Kedungdung diserang virus,” ucapnya, Kamis, (17/2/2022).

Zainoel Arif tak mengira jika tanaman padinya akan diserang virus. Sebab, sebelumnya tanaman padinya masih aman dan bagus.

“Virus ini menyerang pada saat menjelang musim panen. Rata-rata semua tanaman padi disini mengalami kerusakan karena hama,” bebernya.

Begitu juga petani lainnya Sakur mengatakan tanaman padinya mengalami hal sama. Namun dirinya mengaku tidak diberi obat obatan.

“Meski keadaan tanaman padi mengering, oleh petani dibiarkan karena para petani tidak tahu obat obatan apa yang bisa mencegah agar virus tidak menyebar,” katanya.

Sakur memprediksi pendapatan yang akan diterima oleh petani dari hasil tanaman padinya bisa jadi lebih dari separuh dari sebelumnya.

“Saking parahnya jika sebelumnya satu sawah dapat 70 karung padi, sekarang bisa jadi 30 atau 40 karung padi,” tutupnya. (tmm/jek)

Bagikan Ini

Komentar Anda

Komentar