Luapan air sungai di sepanjang jalan Desa.(Hasan Assegafh/jurnalMojo.com)

Air Sungai Meluap, Ratusan Rumah dan 60 Hektar Sawah di Mojokerto Terendam

MOJOKERTO (jurnalMojo.com) — Akibat luapan sungai di Desa Ngarjo, Kecamatan Mojoanyar, Kabupaten Mojokerto, ratusan rumah dan sawah terendam air setinggi 50 centimeter,

Minggu (09/02/2022) malam.

Air merendam rumah warga tersebut diakibatkan luapan air sungai di desa setempat serta banyaknya sampah yang dibuang di sungai, ditambah kondisi hujan dengan intensitas sedang.

Pantauan di lokasi, selain rumah warga, halaman kantor pemerintahan dan sekolahan dasar Desa Ngarjo, juga digenangi air setinggi mata kaki orang dewasa.

Kepala Dusun setempat, Anang, mengatakan, banjir kali ini merupakan yang paling parah dari tahun-tahun sebelumnya.

“Yang parah ya saat ini, ada tiga dusun yang terendam,” katanya

Menurutnya, air yang meluap merupakan kiriman dari arah hulu Mojokerto. Namun, air kiriman itu tidak bisa tertampung karena Dam sungai tumpakan sampah. Sehingga air sungai meluber ke pemukiman penduduk.

“Yang terdampak sekitar 200 rumah dan lahan persawahan warga sekitar 60 hektar,”

Anggota Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Mojokerto, anggota Polsek dan Koramil Mojoanyar telah diterjunkan ke lokasi untuk melakukan assessment (pendataan) dan membantu warga yang terdampak.

Kini banjir sudah mulai surut. Jumlah rumah penduduk yang terdampak juga berkurang. Sejumlah warga sibuk membersihkan rumah masing-masing. Warga terlihat menyingkirkan sampah dan sisa endapan lumpur yang terbawa banjir.(has/jek)

Bagikan Ini

Komentar Anda

Komentar