Sejumlah mesin pengolahan bahan baku limbah alumunium di Desa Bakalan, Kecamatan Sumobito (Elok Aprianto/jurnalMojo.com)

Perkembangan Proyek Sentra IKM Slag Alumunium, Puluhan Mesin Pengolah Datang dari Semarang

JOMBANG (jurnalMojo.com) — Pelaksanaan pembangunan proyek sentra IKM slag alumunium di Desa Bakalan, Kecamatan Sumobito, Jombang Jawa Timur, masih terus berjalan. Bahkan, kini puluhan mesin yang akan diletakkan di bagian utama gedung mulai berdatangan dari Semarang.

Kepala Dinas Perdagangan dan Perindustrian (Disdagrin) Jombang, Hari Oetomo mengatakan selain fasilitas umum (fasum) sudah mulai rampung. Kini peralatan yang dibutuhkan juga sudah mulai datang. Sedangkan untuk tahapan pekerjaan sudah sesuai jadwal yang ditentukan.

“Sentra IKM Slag Aluminium di Bakalan, progresnya sudah masuk di angka 82 persen, bahkan lebih,” terang Hari pada sejumlah jurnalis, Jumat (03/12/2021).

Hari menegaskan jika yang paling utama, adalah sudah datangnya sejumlah mesin pengolah yang nantinya membantu pekerjaan dalam produksi. Sebanyak 26 mesin pengolah dari jenis penghancur, penyaring, pemilah hingga penghalus bahan baku aliminium, sebagian telah didatangkan.

“Kedatagannya sudah sejak Jumat lalu, namun belum semua, beberapa lagi akan datang minggu-minggu ini,” ucap Hari.

Pihaknya juga menyebut, beberapa mesin bahkan telah ditrial untuk menjajal performanya. Dari trial itu, ia menyebut hasilnya berjalan lancar dan mesin dapat bekerja dengan baik. “Kami tentu tidak mau nanti user tidak bisa memaksimalkan mesin ini, sehingga kita perlu uji juga,” paparnya.

Dengan waktu yang hanya menyisakan beberapa minggu saja, Hari mengaku tetap optimistis seluruh pekerjaan bisa dirampungkan. “Karena percepatan juga terus dilakukan di sana, pekerja juga lembur dan tidak ada libur,” pungkasnya.(elo/jek)

Bagikan Ini

Komentar Anda

Komentar