Dr. Awan dan Perwakilan dari PMI Kota Mojokerto Serah Terima Hasil Donor Darah Secara Simbolis (Humas PT Pria for jurnalMojo.com)

Konsistensi Donor Darah Rutin, PT PRIA Membantu Suplay Darah PMI Yang Mulai Menipis

 

Bapak Rianto Melakukan Administrasi Untuk Kegiatan Donor Darah  (Humas PT Pria for jurnalMojo.com)

MOJOKERTO (jurnalMojo.com) – PT. Putra Restu Ibu Abadi (PT PRIA) bekerjasama dengan Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Mojokerto menggelar kegiatan Donor Darah di area Plant PT PRIA, Kamis (02/12/2021).

Acara yang dimulai pukul 09.00 – 15.00 WIB ini mendapatkan antusias yang tinggi oleh para partisipan, terdiri dari seluruh tingkatan karyawan, mulai dari operator sampai dengan jajaran Direksi, mitra kerja dan warga sekitar PT PRIA juga turut serta dalam mensukseskan kegiatan ini.

Bapak Iwan Kasiono Sedang Melakukan Pemeriksaan Kesehatan Awal Sebelum Donor (Humas PT Pria for jurnalMojo.com)

Ny Nur Witasari, selaku staff QHSE sekaligus sekretaris kegiatan donor darah mengatakan, kegiatan donor darah ini adalah kali ke-4 yang diselenggarakan sepanjang tahun 2021. “Program donor darah di PT PRIA termasuk dalam program kerja Tim Panitia Pelaksana Keamanan Kesehatan Kerja dan Lingkungan (P2K3L) sekaligus progam Corporate Social Responsibility (CSR) PT PRIA yang dilaksanakan rutin setiap 3 bulan sekali,” ujar Nur Witasari

Meskipun dilaksanakan di tengah pandemi, kegiatan donor darah di PT PRIA tetap mengikuti protokol kesehatan pencegahan Covid-19. Menurut Witasari, sebelum melaksanakan donor peserta diperiksa suhu tubuh terlebih dahulu.

Peserta kemudian diarahkan untuk cuci tangan dan wajib mengenakan masker. Untuk menjaga lokasi terbebas dari kerumunan, lanjut Witasari, panitia mengatur jadwal partisipan dari internal perusahaan berurutan sesuai dengan divisi masing-masing.

Digelarnya donor darah ini, pihak PMI Kota Mojokerto mengucapkan banyak terima kasih atas komitmen PT PRIA dalam pelaksanaan program donor darah ini secara rutin. “Sehingga banyak membantu memenuhi stock darah di PMI serta membantu banyak masyarakat yang membutuhkan darah,” tutur salah satu petugas dari PMI Kota Mojokerto.

Nur Sholeh Salah Satu Partisipan Donor Darah Dari Warga Sekitar (Humas PT Pria for jurnalMojo.com)

Senada diungkapkan, Iwan Kasiono, salah satu karyawan PT Pria Staff QHSE mengucapkan banyak terima kasih. “Alhamdulillah setiap kali saya daftar, saya lolos seleksi tes kesehatan, sehingga dapat berpartisipasi dalam kegiatan ini. Saya harap program ini istiqomah dilaksanakan, karena kami dan karyawan lainnya akan selalu support dan auntisias dalam pelaksanaan program ini,” ungkap Kasiono, sapaan akrabnya.

Sementara itu, salah satu warga setempat yang juga turut berpartisipasi, Nur Sholeh menambahkan, pelaksanaan program donor darah ini sangat bagus untuk membantu sesama yang membutuhkan darah, terlebih lagi dalam kondisi pandemi saat ini. “Kalau diizinkan saya ingin berpartisipasi rutin donor darah setiap 3 bulan sekali di PT PRIA,” ucapnya usai mengikuti donor darah.

Pak Rendi Selaku Staff PT PRIA Yang Sudah Melaksanakan Donor Darah (Humas PT Pria for jurnalMojo.com)

Ungkapan yang sama dilontarkan, Rendi salah satu karyawan PT. PRIA staff HRD. Menurut Rendi, dirinya merasa senang dengan adanya kegiatan ini dan kegiatan ini sangat membantu untuk mereka yang membutuhkan. “Saya berterima kasih banyak kepada PMI Kota Mojokerto dan PT. Putra Restu Ibu Abadi sudah melaksanakan kegiatan ini,” tukasnya.

Kegiatan donor darah ke 4 di PT PRIA kali ini mengalami peningkatan yakni mampu menyumbangkan 131 kantong darah dengan partisipan karyawan sebanyak 217 partisipan.

Hasil Kantong Darah Yang Sudah Terkumpul  (Humas PT Pria for jurnalMojo.com)

Kendati sebagian partisipan terpaksa tidak diizinkan melakukan donor, lantaran faktor kesehatan yang kurang memenuhi syarat.

Kegiatan ini sukses dilaksanakan secara rutin, karena komitmen penuh dari seluruh elemen perusahaan. Karena kesadaran dan antusias para karyawan, donor darah menjadi kegiatan yang wajib dilaksanakan secara rutin. Saat awal wabah Covid-19 melanda, hampir saja tidak dilakukan kegiatan rutin ini, tetapi para karyawan PT PRIA meyakinkan manajemen bahwa kegiatan akan aman karena semua akan disiplin pada protokol yang diberlakukan pemerintah. (hms/jek/*)

Bagikan Ini

Komentar Anda

Komentar