Kondisi rumah Rasbiyeh di Desa Pajeruan Kecamatan Kedungdung. (Tammim/Jurnalmojo)

Kondisi Rumahnya Memperihatinkan, Janda Tua di Kedungdung Harapkan Perhatian Pemerintah

Tempat tinggal Rasbiyeh membutuhkan bantuan RTLH.
(Tammim/Jurnalmojo)

SAMPANG (JurnalMojo.com) – Rasbiyeh (60) Janda Tua yang tinggal di Dusun Burneh Onjur, Desa Pajerruan, Kecamatan Kedungdung hidup di rumah yang kurang layak.

Disana, Rasbiyeh tinggal serba berkecukupan di rumah tak layak huni tanpa penerangan lampu bersama Mat Khori, putranya yang memiliki keterbelangan mental berusia 35 tahun dengan berprofesi sebagai kuli panggul air dari sumur.

“Perharinya saya menjadi kuli panggul air untuk masyarakat yang membutuhkan dengan untung ribu untuk ukuran jerigen 10 liter,” ujarnya, Minggu, (17/10/2021).

Dari untung yang didapatnya, Rasbiyeh mengaku tidak cukup untuk kebutuhan sehari-harinya karena dipergunakan untuk membeli kebutuhan racikan bumbu makanan, beras, dan minyak tanah untuk lampu cempor yang terbuat dari kaleng susu guna menerangi gubuknya saat malam hari.

“Pendapatan saya dan anak hanya dipergunakan untuk membeli minyak tanah karena kalau malam rumah saya hanya diterangi dengan lampu cempor (Talempek) dan terkadang untuk makan dikasih masyarakat sekitar,” ungkapnya.

Dirinya berharap saat ini sangat membutuhkan penerang lampu dan perbaikan rumah sebab kondisinya apabila musim penghujan tidak bisa ditempati karena gentengnya sudah banyak yang bocor.

“Kalau musim hujan saya memilih menumpang ke tetangga karena takut roboh,” terangnya.

Dikonfirmasi secara terpisah, Kepala Desa Pajeruan Kecamatan Kedungdung melalui Sekretaris Desa Mokhlis membenarkan jika kehidupan Rasbiyeh sangat miris sekali.

“Rasbiyeh hidup bersama putranya di tengah perkebunan yang jauh dari pemukiman warga dan hidupnya serba kekurangan,” ujarnya.

Pihaknya menegaskan bahwa Pemerintah Desa Pajerruan sudah memperhatikan kehidupan Rasbiyeh dengan dimasukkan data penerima BLT DD sekaligus diberikan bantuan beras setiap bulannya.

“Untuk BLT DD Rasbiyeh sudah resmi menjadi penerima dan setiap bulannya kami berikan bantuan beras dari Pemdes,” pungkasnya. (tmm/jek)

Bagikan Ini

Komentar Anda

Komentar