Polo Asalim Musofan, yang akrab di panggil Polo Alim ((Umam/jurnalMojo.com)

Klaim Pemungutan PBB-P2 lancar, Polo Alim : Sudah 80% Terealisasi

 

Bukti pembayaran pajak PBB-P2 2021 (Umam/jurnalMojo.com)

MOJOKERTO (jurnalMojo.com) — Dalam proses pemungutan pajak, Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Kabupaten Mojokerto melakukan berbagai macam inovasi guna mempermudah wajib pajak dalam melaksanakan kewajiban perpajakan daerah selama Pandemi Covid-19.

Diantara kebijakan tersebut yakni, adanya relaksasi jatuh tempo pembayaran dari yang sebelumnya jatuh pada akhir September, kini diperpanjang jadi bulan Nopember.

Khusus pemungutan di desa dikoordinir melalui Kelurahan yang di delegasikan ke Polo atau Kasun (Kepala Dusun) setempat.

Hal tersebut turut diterapkan di dusun Kauman Desa Bangsal.

Ditemui di lokasi, Polo Asalim Musofan, yang akrab di panggil Polo Alim, Kepala Dusun Kauman menyampaikan proses pemungutan PBB-P2 yang termasuk dalam Desa Bangsal mendapatkan peringkat ke enam dalam pemungutan PBB-P2 yang bisa di lihat di Web Bapenda.

“Desa Bangsal mendapatkan peringkat ke enam dan Dusun Kauman dalam pemungutan PBB-P2 mencapai 80% dari pagu baku tagihan dusun Kauman,” ujar Polo Alim.

Baku Dusun Kauman Rp. 72.903.403,- mengacu  data dari Bapenda, yang sudah terbayarkan Rp.52.485.840,- atau Sekitar 80% sudah terealisasi.

“Alkhamdulilah semua pemungutan PBB-P2 sudah terbayarkan sesuai dengan amanah yang telah dititipkan warga pada kami,” tambahnya.

Polo Alim menyebut, ini merupakan capaian yang luar biasa dalam pemungutan PBB-P2 yang ada di Desa Bangsal khususnya Dusun Kauman.

“Untuk tagihan pajak PBB-P2 tahun 2020 sudah terbayar lunas, harapan saya tahun 2021 ini bisa 100%,” harapnya.

Daftar peringkat perolehan PBB-P2 (Umam/jurnalMojo.com)

Ada cerita menarik dalam pemungutan PBB-P2 tahun 2019. Bu Khusnah, salah satu warga RT.05, RW.01, Dusun Kauman pernah mendapat undian PBB-P2 yang di laksanakan di Desa Kutoporong Kec Bangsal,  diketahui saat itu tunggakan pajak Dusun Kauman atas nama Bu Khusnah dibayar lunas oleh Kepala Dusun Kauman, yakni Polo Alim.

Bahkan Bu Khusnah juga beruntung mendapat undian kulkas yang di laksanakan oleh Bapenda  Kabupaten Mojokerto.

“Sebelum pandemi Covid-19 melanda saya sering membayar lunas tunggakan sebagian warga Dusun Kauman, saat itu saya lagi lancar-lancarnya usaha, tahun ini saya tidak bisa seperti tahun-tahun lalu untuk membantu warga bayar lunas PBB-P2 Dusun Kauman,” pungkas polo Alim. (mam/erh)

Bagikan Ini

Komentar Anda

Komentar