Kepala Staf Angkatan Laut Laksamana TNI, Yudo Margono saat meninjau pelaksanaan vaksinasi di Ponpes Darul Ulum (Elok Aprianto/jurnalMojo.com)

Serbuan Vaksinasi di Ponpes Darul Ulum Jombang, Ribuan Santri Divaksin

Santri Ponpes Darul Ulum saat mengikuti vaksinasi (Elok Aprianto/jurnalMojo.com)

JOMBANG (jurnalMojo.com) — TNI AL gelar serbuan vaksinasi di pondok pesantren (Ponpes) Darul Ulum, Peterongan, Jombang, Jawa Timur pada Selasa (12/10) pagi.

Sedikitnya ada, 2.000 dosis vaksin sinovac yang disiapkan untuk para santri dan masyarakat umum di wilayah pondok tersebut. Dengan sasaran 1.000 santri dan 1.000 masyarakat sekitar ponpes.

Lantaran menerapkan protokol kesehatan (prokes) ketat, para santri dan masyarakat setempat diminta datang sesuai jadwal yang ditentukan.

Dalam kegiatan vaksinasi tersebut, Kepala Staf Angkatan Laut (KASAL) Laksamana TNI Yudo Margono, meninjau secara langsung pelaksanaannya. Selain itu, sejumlah anggota Forkopimda Jombang dan pengasuh Ponpes Darul Ulum turut mendampinginya.

Laksamana TNI Yudo Margono mengatakan, bahwa TNI AL telah menuntaskan vaksinasi terhadap masyarakat di wilayah pesisir dan pulau terluar sebanyak 2 juta dosis vaksin.

Untuk itu, serbuan vaksin kali ini bergeser ke kalangan pesantren. Dan dunia pendidikan. Mengingat, saat ini telah dimulai kembali pembelajaran tatap muka di berbagai wilayah.

“Sasaran (vaksinasi, red) di wilayah pesisir dan pulau terluar, hampir semua sudah kita laksanakan. Sehingga sekarang kita mengarah ke pesantren dan lembaga pendidikan,” ungkap Yudo pada sejumlah jurnalis.

Ia menyebut, serbuan vaksin ini untuk mengejar target vaksinasi yang ditentukan pemerintah. Yaitu membentuk herd immunity di kalangan lembaga pendidikan.

Ia merinci untuk saat ini, sudah 11.000 santri yang telah disuntik vaksin dosis pertama. Kali ini, pihaknya akan mengejar target vaksinasi dosis dua yang baru mencapai 60 persen.

“Harapan kita semuanya dapat kita laksanakan vaksin. Karena sudah masuk pada pembelajaran tatap muka. Sehingga nanti bisa membentuk herd immunity agar para siswa sehat semuanya,” tukasnya.(elo/jek)

Bagikan Ini

Komentar Anda

Komentar