Suasana ziarah kubur RP. Mohammad Noer Mantan Gubenur Jawa Timur.

Ziarah Makam RP. Mohammad Noer, Emil Dardak : Beliau Bapak Pembangunan Jawa Timur

SAMPANG (JurnalMojo.com) – Dalam rangka menjelang hari jadi Provinsi Jawa Timur yang ke-76, Wakil Gubernur Emil Dardak berkunjung ke Sampang untuk melakukan ziarah ke makam Mantan Gubernur Jatim urutan ke-7 Raden Panji H Moh Noer di Jalan Merapi, Kelurahan Rongtengah, Sampang, Senin (11/10/2021).

Saat ziaarah di makam mantan Gubernur Jatim periode 1967-1976 itu Emil Dardak didampingi oleh Kepala Bakorwil IV Pamekasan Ir. Moh.Gunawan Saleh MM, Bupati Sampang H. Slamet Junaidi, Wakil Bupati Sampang H. Abdullah Hidayat, Bupati Bangkalan R. Abdul Latif Amin Imron, Bupati Sumenep diwakili oleh Wakil Bupati Sumenep Hj. Dewi Khalifah dan Bupati Pamekasan diwakili oleh Sekretaris Daerah Pamekasan.

Pantauan dilokasi saat ziarah, kegiatan dimulai dengan pembacaan sejarah singkat Raden Panji H. Mohammad Noer serta mengheningkan cipta untuk memberikan penghormatan kepada Mantan Gubenur Jawa Timur yang diikuti juga Kepala OPD di lingkungan Pemprov Jawa Timur dan Pemkab Sampang serta ASN di lingkungan Bakorwil IV Pamekasan dan Pemkab Sampang.

Wakil Gubernur Emil Dardak menyampaikan bahwa ziarah ini untuk mengenang jasa para pemimpin terdahulu yang pernah memberikan sumbangsih membangun Jawa Timur, diantara lain beliau memperjuangkan Jembatan Suramadu yang saat ini sudah kokoh berdiri sebagai penunjang perekonomian Madura.

“Kami bangga punya sosok Pemimpin yang jasanya bisa kita rasakan sampai saat ini walaupun beliau sudah meninggalkan kita,” tuturnya.

Menurutnya sosok beliau patut ditiru sebab almarhum memiliki ilmu dan pengetahuan yang mendasar bahkan pengabdiannya semasa hidupnya luar biasa.

“Dahulu kala tidak sedikit orang mengagumi beliau dan bukan hanya orang Madura saja bahkan seluruh penduduk Indonesia,” tambahnya.

Pihaknya mengungkapkan saat ini Pemprov Jawa Timur sedang berupaya menyelesaikan langkah-langkah menjadikan almarhum Raden Panji M. Noer sebagai Tokoh Pahlawan Nasional.

“Beliau merupakan salah satu sosok Bapak Pembangunan Jawa Timur sebagai penggagas Jembatan Suramadu yang saat ini kokoh berdiri sebagai penunjang perekonomian Madura,” pungkasnya. (tmm/jek)

Bagikan Ini

Komentar Anda

Komentar