Para personil dari 56 komunitas di Mojokerto dalam kegiatan Kolaborasi Komunitas Indonesia Timur Area (KITA) tahun 2021 (FOTO/Istimewa)

Gerak Peduli Serentak, di Mojokerto 56 Komunitas  Bagikan 700 Paket Kurban

MOJOKERTO (jurnalMojo.com) – Sekurangnya terdapat 56 komunitas di Mojokerto secara serentak ikut terlibat dalam kegiatan Idul Adha 1442 H dengan membagikan daging kurban kepada warga yang membutuhkan pada Selasa (20/7). Meski banyak komunitas yang terlibat, pelaksana di lapangan dibatasi untuk beberapa orang per komunitas dengan disiplin menjalankan protokol kesehatan.

Kegiatan ini merupakan bagian dari program Kolaborasi Komunitas Indonesia Timur Area (KITA) tahun 2021. Bersamaan dengan momentum hari Kurban 1442 H, Kolaborasi KITA menggelar program #KITAberbagi2021 dengan tema ‘KITA Berbagi, Merajut Peduli Untuk Sesama’.

Dalam program sosial ini terdapat 679 komunitas dengan lebih dari 14.000 anggota di 82 kabupaten/kota di seluruh Indonesia Timur. Komunitas yang terdiri dari Bold Riders, Super Friends, Heppiii Community, dan Kill The LAst ini berhasil mengumpulkan lebih dari 670 kambing dan 7 sapi. Hewan-hewan kurban itu kemudian dipotong dan dagingnya diberikan kepada ribuan anggota masyarakat yang berhak.

Koordinator acara Kita berbagi 2021 di Mojokerto Ardhi Prabowo mengatakan untuk di wilayahnya total ada 56 komunitas yang tergabung dengan jumlah hewan kurban 23 ekor kambing. Jumlah ini meningkat dibanding tahun sebelumnya yang hanya berada di angka belasan kambing.

“Tahun ini ada 23 ekor kambing dan menghasilkan 700 paket daging kurban. Teman-teman komunitas kemudian membagikannya kepada pekerja jalanan seperti tukang becak, pekerja jalanan k” katanya pada Selasa 20 Juli 2021.

Antusiasme peserta tahun ini meningkat, lantaran situasi pandemi membutuhkan rasa solidaritas sesama atas nama kemanusiaan. Komunitas yang terlibat memiliki latar belakang yang beragam seperti budayawan, kemudian anak motor, anak esport, pondok pesantren, pemancing dan lainnya.

Komunitas yang terlibat dalam kegiatan ini adalah dari Budaya PPWM Noroyono, Budaya Seni Reog, Kebudayaan Les Bumi Kota, Super Kicau. Ada juga komunitas esport di Mojokerto seperti ALCOS FAMILY, HELLO GAMERS, Hotwels Mojokerto, Grafity Mojokerto, MESC ( Mojokerto E-Sport Community.

“Ada juga dari fans club seperti PRMI,  MP Loyalis, anak gowes juga ada yakni Arda. Sejumlah karang taruna (karta) juga ikut diantaranya karta desa Pulorejo, Desa Suru, Desa Ngembeh, Desa Petak, Kartar Ngoro, Kartar Sumber Karang, Pungging, Randu Bango, Gedeg, Balongmojo, Medali – Puri,” jelasnya.

Selain itu, juga dari komunitas mancing, anak-anak band, kemudian ormas, ada basecamp 86 (media). Untuk anak motor ada dari HPCI ( Honda PCX Club Indonesia ) Chapter Mojokerto, GENESIS (Generation Independent Rider’s), YNCI ( Yamaha N-Max Club Indonesia ), CBR Community Indonesia ) Chapter Mojokerto, MOR15 ( Mojokerto R15 ), SFMC ( Street Fire Mojopahit Community ), Honda CBR Mojopahit, CB TAWON, SMI (Supermoto Indonesia ) Chapter Mojosari, CB MK (CB Mojosari Kota, Komunitas CBR Indonesia ) Chapter Mojokerto, Komunitas Otomotif Majapahit.

Organisasi keagamaan seperti GP Ansor, Ansor Penompo, PP Abu Hasan, PP Mambaul Hikmah, PP Roudlotul Polidhin, serta PP Bidayatul Hidayah Al Qurtuby juga antusias mengikuti kegiatan sosial ini.

Pembagian hewan kurban hasil inisiatif dari Kolaborasi KITA tahun 2021 ini semakin berarti. Pasalnya, program yang melibatkan berbagai komunitas top seperti Bold Riders, Super Friends, dan Heppiii Community ini berhasil mendapatkan penghargaan dari Museum Rekor Dunia Indonesia (MURI). Rekornya adalah Pembagian Paket Daging Kurban Oleh Komunitas Terbanyak.

Bagi Kolaborasi KITA, ini adalah penghargaan ketiga dari MURI. Sebelumnya, Rekor MURI pertama adalah Donor Darah oleh komunitas terbanyak. Rekor MURI kedua merupakan Donor Darah oleh Karang Taruna (Karta) terbanyak. Kedua rekor itu diperoleh dalam  program donor darah bertajuk “Bakti Pemuda, Setetes Darah Untuk Negeri” yang digelar pada bulan Sumpah Pemuda, Oktober 2020. (erh/jek/*)

Bagikan Ini

Komentar Anda

Komentar