Bagaimana Virus Covid 19 Mempengaruhi Indonesia Dan Biaya Penanganannya di Seluruh Dunia

Oleh : Daniel Krisalasa*

Virus corona adalah virus yang menyerang sistem pernapasan bagian atas seperti paru-paru, tenggorokan, dan hidung. Gejala biasanya bermanifestasi berupa pilek, hidung berlendir, gejala pilek, sakit tenggorokan, demam, batuk, dan nyeri otot. Virus ini juga dapat menyebabkan pneumonia serta meningitis.

Virus ini sangat menular yang dapat ditularkan melalui tetesan dari mulut dan hidung atau kontak dengan tempat tidur, pakaian, dan menyentuh permukaan yang telah terkontaminasi.

Gejala awal umumnya mirip dengan flu, tetapi dapat berkembang menjadi masalah pernapasan, demam tinggi, dan seringkali kematian. Virus ini dapat ditularkan melalui batuk dan bersin dan melalui kontak dengan cairan tubuh yang terinfeksi. Untuk mencegah virus, tindakan pencegahan seperti sering mencuci tangan dan mengurangi kontak dengan individu yang terinfeksi adalah kunci untuk mencegah penyebaran virus covid 19.

Apa yang terjadi jika Anda terinfeksi virus covid 19?

Virus covid 19 adalah virus jenis flu. Gejala terinfeksi termasuk demam, kurang sehat dan gemetar. Seluruh tubuh Anda akan mulai sakit dan Anda akan mulai kehabisan napas. Tenggorokan Anda akan mulai sakit, dan jika Anda merasa tidak bisa bernapas, otot-otot Anda akan mulai menegang dan pernapasan Anda akan menjadi dangkal. Anda mungkin perlu meminta bantuan atau mengunjungi ruang gawat darurat. Saat terinfeksi virus covid 19, sebaiknya usahakan banyak istirahat dan minum banyak cairan agar terhindar dari dehidrasi.

Bagaimana Virus Covid 19 mempengaruhi Indonesia

Dalam beberapa pekan terakhir, wabah virus yang disebut Covid 19 telah menyebar dengan cepat ke seluruh Indonesia. Organisasi Kesehatan Dunia telah melaporkan bahwa lebih dari 2 juta orang telah terinfeksi, dan lebih dari 50 ribu orang telah meninggal karena virus ini di Indonesia.

Pergerakan virus ini di Indonesia paling banyak dirasakan di daerah-daerah yang padat penduduk, termasuk perkotaan, serta daerah pertanian yang membutuhkan pekerjaan mencari makan dengan cepat. Banyak yang terinfeksi virus ini mengalami demam dan batuk, dan jika mereka merasa tidak enak badan, mereka didesak untuk mengunjungi dokter. Efek virusnya saja tidak mengerikan, tetapi yang sangat menyedihkan adalah virus tersebut telah menyebabkan kematian banyak orang dalam waktu singkat.

Biaya Penanganan Virus Covid 19

Virus corona covid 19 kini telah menyebar ke lebih banyak orang. Organisasi Kesehatan Dunia telah mengatakan bahwa mereka dapat memberikan hitungan tetapi belum dapat mengendalikannya. Mereka juga mengatakan bahwa dapat menahan orang terjankit virus untuk tidak menularkannya ke orang lain. Mereka juga masih berusaha mencari tahu apa yang terjadi. Sekarang virus ini mulai muncul di seluruh dunia pada semakin banyak orang, orang mulai berpikir apa yang diperlukan untuk menghentikan virus.

Menurut kementrian keuangan republic indonesia , biaya penanganan Covid19 sudah mencapai lebih dari Rp.677 Triliun. Lebih dari Rp.87 Triliiun di alokasikasikan di bidang kesehatan, sekarang masyarakat bertanya-tanya seberapa cepat seorang dokter dapat menyembuhkan dan melindungi kami dari virus tersebut.

Apa yang bisa kita lakukan untuk mencegah tertular virus corona covid19?

Virus corona atau Covid19, dikaitkan dengan serangan infeksi pernapasan yang tiba-tiba, diikuti oleh demam dan batuk. Beberapa pasien mungkin juga mengalami darah dalam lendir, kesulitan bernapas, dan nyeri dada. Dan ada laporan beberapa pasien kasus yang telah meninggal.

Jika ingin mencegah tertular Covid19, jagalah kebersihan dengan mencuci tangan, memakai masker ketika keluar, jaga jarak, hindari keramaian atau kerumunan orang yang ada disekitar kita.

*Penulis adalah Mahasiswa Fisip Ilmu Komunikasi UNIM. Tinggal Di Dusun Prabon, 01/08 Desa Blimbing, Kecamatan Kesamben Kabupaten Jombang jawa Timur. No Hp : 085847410775 Email : krisalasadaniel@gamil.com

Bagikan Ini

Komentar Anda

Komentar