Pelaku persetubuhan anak dibawah umur saat diamankan Polisi (Elok Aprianto/jurnalMojo.com)

Begini Terbongkarnya Kasus Persetubuhan yang Dilakukan Ayah Tiri di Jombang

JOMBANG (jurnalMojo.com) — Terbongkarnya kasus persetubuhan yang dilakukan ayah tiri pada dua anaknya di Kabupaten Jombang, Jawa Timur, lantaran sang anak sempat kabur dari rumah.

Bunga (16) dan Teratai (14), yang harus menjadi budak nafsu Riyono (42), sempat kabur ke rumah teman sekolahnya, di Kecamatan Jogoroto.

Kasat Reskrim Polres Jombang AKP Teguh Setiawan mengatakan, kedua korban itu kabur dari rumahnya sejak Sabtu (09/04). Mereka kabur lantaran takut disetubuhi ayah tirinya.

Keduanya ditemukan oleh Tim Eagle Resmob II dan Polsek Gudo di rumah teman sekolahnya di wilayah Desa Sumbermulyo, Kecamatan Jogoroto, Jombang pada Kamis (22/04) malam. Pasca ibu korban, Sumiati (39), melaporkan kedua putrinya hilang ke Polsek Gudo.

“Setelah semalam diketemukan Resmob dan Polsek Gudo akhirnya, ada pengakuan takut pulang karena sering disetubuhi dan diancam oleh ayah tirinya,” ungkapnya pada sejumlah jurnalis, Sabtu (24/04/2021).

Lebih lanjut Kasat Reskrim menjelaskan jika kedua gadis kakak beradik ini menjadi korban persetubuhan oleh ayah tirinya sendiri sejak tahun 2016 hingga saat ini. Yaitu sejak mereka masih duduk di bangku kelas 1 SMP dan adiknya masih kelas 3 SD.

Masih menurut penjelasan Kasat Reskrim, aksi bejat pelaku dilakukan saat istrinya sedang tidak berada di rumah atau saat sedang tidur. Dalam aksi bejat itu, pelaku juga sempat mengancam kedua korban. Kedua putrinya diancam tidak akan dibiayai sekolah ketika tidak mau melayani nafsu bejat pelaku.

“Modusnya disuruh mijat pelaku. Kemudian diraba-raba, celana dilepas dan disetubuhi. Awalnya diberi uang untuk jajan, dan jika menolak diancam sekolah tidak dibiayai dan tidak boleh keluar rumah,” katanya.

Berdasarkan pengakuan para korban itu, Tim Satreskrim Polres Jombang langsung meringkus pelaku di kediamannya. Pelaku saat ini, telah dijebloskan ke sel tahanan Polres Jombang.

Selain itu, lanjut Kasat Reskrim, polisi juga mengamankan barang bukti berupa pakaian kedua korban, sarung yang digunakan pelaku dan hasil visum korban.

“Pelaku kita kenakan Pasal 81 ayat 2 UU No. 17 tahun 2016 penetapan peraturan pemerintah pengganti UU No.1 tahun 2016 tentang Perubahan ke-2 atas UU No. 23 Tahun 2002 tentang perlindungan anak,” pungkasnya.

Seperti diberitakan sebelumnya, di Kabupaten Jombang, Jawa Timur, seorang ayah tiri, tega setubuhi dua anak gadisnya yang masih berstatus pelajar .(elo/jek)

Bagikan Ini

Komentar Anda

Komentar