Pengunjung durian ketan sambal saat menikmati seporsi durian ketan fla (Elok Aprianto/jurnalMojo.com)

Menikmati Durian Ketan Fla dengan Sambal di Lereng Gunung Anjasmoro

Menu durian ketan fla (Elok Aprianto/jurnalMojo.com)

JOMBANG (jurnalMojo.com) — Keberadaan lereng gunung Anjasmoro, di area sekitar Kecamatan Wonosalam, Kabupaten Jombang, Jawa Timur, dikenal dengan sentra buah durian. Dimana kenikmatan buah ini sudah sangat terkenal di kalangan penikmat kuliner.

Di area tersebut, berbagai macam olahan kuliner durian bisa anda temukan. Salah satunya ada kuliner durian ketan yang dipadukan dengan fla dan keju.

Bagi sebagian orang, menyantap durian langsung usai dipetik dan diolah menjadi kolak, mungkin sudah biasa. Namun, apa jadinya jika durian segar dipadukan dengan ketan, yang menggunakan fla dan keju. Tentu sensasi rasa yang muncul sangat luar biasa.

Durian ketan dengan fla ini bisa anda temukan di area warung bukit durian. Letaknya, tepat berada di lereng gunung Anjasmoro, Kecamatan Wonosalam. Selain fla, penikmat kuliner bisa memilih menu olahan durian lainnya.

Yakni, dengan ketan sambal. Rasanya yang berbeda, dipadu dengan udara dingin lereng gunung Anjasmoro, semakin menambah selera. Dan tentunya akan menghangatkan tubuh.

“Lebih enak dari lainnya, lebih manis dan khas banget. Perpaduan antara ketan sama durennya enak ini, selalu pesen ini menu favorit,” ungkap Elinda Permatasari, salah satu pengunjung di warung bukit durian, Senin (12/04/2021).

Sementara itu, Eko Yudi Widiatmojo, pemilik warung bukit durian menjelaskan jika menu tersebut, diciptakan setelah melihatnya potensi lereng gunung Anjasmoro, sebagai sentra durian. Yang dipadukan dengan ketan dan sambal, serta fla.

“Awalnya karena kita mau mengeksplor, Wonosalam adalah sentra durian. Kita coba dengan ketan sambel durian, alhamdulillah mendapat respon positif dari masyarakat, luar kota, mulai Surabaya, Sidoarjo, gresik, hanya pengen menikmati ketan sambel durian,” kata Eko.

Ia mengaku meski masih terbilang menu baru, namun banyak pengunjung yang menyukainya. Untuk hari biasa, sedikitnya ada 60 porsi bisa terjual. Sedangkan untuk akhir pekan dan liburan panjang, bisa mencapai dua kali lipatnya. “Untuk hari hari biasa sekitar 60 porsi kalau week end 150 porsi,” ucapnya.

Ia menyebut, terkait harga satu porsi ketan sambal dengan fla, harganya sangat terjangkau bagi wisatawan, maupun penikmat kuliner buah durian. “Cukup 15 ribu rupiah, bisa menikmati durian ketan dengan fla, maupun sambal,” pungkasnya. (elo/jek)

Bagikan Ini

Komentar Anda

Komentar