Koptu I Wayan Sudiasa, saat melakukan pencangkokan usai bertugas sebagai BABINSA.(Hasan Assegafh/Jurnalmojo)

Anggota TNI Ini Berhasil Budidaya Pohon Buah Tin Tembus Mancanegara, Omzetnya Puluhan Juta

MOJOKERTO (jurnalMojo.com) — Buah tin merupakan buah yang banyak tumbuh di Asia Barat. Di Indonesia, buah ini disebut dengan buah ara. Namun, di tangan seorang prajurit TNI Angkatan Darat yang bertugas di Kodim 0815 Mojokerto, mampu budidaya bibit pohon buah Tin.

Di kebun miliknya yang tak jauh dari rumahnya, Koptu I Wayan Sudiasa warga Desa Sumbertanggul, Kecamatan Mojosari, Kabupaten Mojokerto ini berhasil membudidayakan pohon buah tin.

Koptu, I Wayan Sudiasa, mengatakan, berawal dari dirinya saat bertugas di wilayah Timur Tengah tepatnya di Lebanon, Ia sering menemukan tanaman buah Tin ditanam oleh warga disana, sehingga dirinya merasa tertarik.

“Setelah saya pulang dari Lebanon 2014 langsung membudidayakan di teras rumah,” ungkapnya, Jum’at (05/03/2021) siang.

Berkat keuletanya dan kegemarannya bertanam, kini Ia telah dibantu tiga karyawan dan telah memiliki kebun tanaman cangkok dengan luas setengah hektare.

“Sampai sekarang tahun 2021, kebun saya sudah memiliki luas lahan setengah hektar,” tambahnya.

Setiap harinya, usai menjalankan tugas sebagai abdi negara, Ia selalu menyempatkan diri untuk bercocok tanam di kebun maupun di halaman rumah miliknya.

Menurutnya, untuk membudidayakan tanaman buah tin di wilayah Indonesia cukup mudah, mengingat suhu di negeri Indonesia berbeda dengan di wilayah Timur Tengah.

“Cuma kendalanya untuk di kita di Indonesia, saat musim curah hujan tinggi seperti ini untuk berkebun memang membutuhkan green house untuk melindungi dari curah hujan,” jelasnya.

Dan kini, dari kebun yang dimilikinya, dalam satu bulan Wayan mampu menjual lebih dari 3000 bibit cangkokan tanaman buah tin, dengan varian harga yang bervasiasi mulai Rp 35.000 sampai dengan Rp 50.000, tergantung jenisnya.

“Sebagian kita online dan juga ada reseller pembeli yang datang ke kebun untuk dijual kembali ke mana coba seluruh Indonesia,” akunya.

Masih kata anggota yang aktif di Koramil 0815/13 Kutorejo ini, bibit buah Tin yang dinilai mampu mengobati segala macam jenis penyakit tersebut telah berhasil menuai pasok di pasar Internasional.

“Bahkan ada yang sudah sampai ke mancanegara, ada yang ke Bangladesh, ke Vietnam, Malaysia hingga Eropa juga,” tandasnya.

Lanjut pria kelahiran Pulau Dewata tersebut, berkat keterampilannya, pendapatannya pun kini mencapai puluhan juta rupiah dan dapat Ia kembangkan menjadi bisnis rental mobil di bali dan dapat membeli rumah serta tanah untuk memperluas kebunnya.

“Kalau pendapatan satu bulan kurang lebih 20 sampai 30 juta itu belum kepotong itu biaya bekerja,” tandasnya.

Adapun 30 jenis tanaman buah tin yang ada di kebun miliknya, diantaranya mulai dari Brown Turkey, Panache Tiger, Green Jordan, Regato Popone, Negron Long The Out.

“Yang paling favorit di antara yang paling diminati seperti Jolly Tiger Varigata, karena keunikannya buahnya berwarna dan daunnya berwarna hijau,” pungkasnya.

Seperti diketahui, buah tin sendiri memiliki khasiat 1 butir buah tin itu setara dengan 2 gelas susu, kandungan kalsiumnya dan ada juga mengandung senyawa antioksidan yang tinggi untuk mencegah kanker dan terus ada juga yang mengatakan bisa untuk vitalitas pria. (has/jek)

Bagikan Ini

Komentar Anda

Komentar