Titik Longsor (Eka Nanda Leony J.P/jurnalMojo.com)

Longsor Di Desa Manting Akibat Pelebaran Jalan Di Hutan Lindung

Warga sedang bergotong royong memperbaiki irigasi akibat longsor (Eka Nanda Leony J.P/jurnalMojo.com)

MOJOKERTO (jurnalMojo.com) — Saluran irigasi di Dusun Manting, Desa Manting, Kecamatan Jatirejo, Kabupaten Mojokerto, tertimbun longsor. Hal ini mengakibatkan aliran irigasi tersumbat lumpur.

Informasi yang diterima, peristiwa longsor terjadi pada Selasa, 2 Februari 2021,diketahui ketika kondisi hujan deras dan pelebaran jalan hutan lindung, yang dilakukan oknum pemdes ini menjadi penyebab adanya longsor.

Pelebaran yang dilakukan tanpa adanya musyawarah dan tidak memikirkan bagaimana dampak akibat pelebaran jalan ini akan berdampak.

Menurut pengakuan warga sekitar, Saifudin (40), akibat pelebaran jalan tersebut ada beberapa titik yang mengalami longsor irigasi. Padahal seharusnya bisa mengalirkan air ke persawahan warga kini tertutup lumpur. Lumpur yang dibawa dari titik longsor tersebut juga melebar ke rumah warga dan jalan umum.

“Saluran irigasi yang tersumbat membuat air meluap kepermukiman dan menyebabkan jalan dan rumah warga terkena lumpur longsor,” katanya, Jumat (05/01/2020) siang.

Hal ini membuat warga berusaha memperbaiki irigasi akibat longsoran. Pemdes juga berusaha untuk membuat kebijakan menggunakan alat berat untuk memperbaiki longsor namun tak menemukan titik temu.

Warga akhirnya membuat kesepakatan untuk kerja bakti membersihkan longsor tersebut. Dengan bergotong royong memperbaiki dan membuat kembali irigasi agar sawah mereka bisa dialiri air.

“Warga berinisiatif dan sepakqt bergotong royong membersihkan longsor ini, membenahi saluran irigasi yang tersumbat,” tutur Kuswadi (40) warga sekitar.

Menurut Kuswadi, gotong royong ini dilakukan dengan peralatan seadanya seperti cangkul dan sekop. Hingga akhirnya bisa membuat irigasi lancar kembali.

Kejadian ini belum ada konfirmasi dari pemdes, saat ditemui, pemdes sedang tidak berada di tempat. (sri/has)

Bagikan Ini

Komentar Anda

Komentar