Sejumlah petugas pemadam kebakaran Kota Surabaya melakukan pembahasan terhadap sebuah ruangan yang hangus akibat ledakan genset di Rumah Sakit Mitra Keluarga, Jalan Satelit Indah, Kecamatan Sukomanunggal, Kota Surabaya, terbakar, Selasa malam (1/9/2020). (FOTO/IST)

Genset Rumah Sakit Mitra Keluarga Meledak, Satu Ruangan Hangus Terbakar

SURABAYA (jurnalMojo.com) — Sebuah genset di Rumah Sakit Mitra Keluarga, Jalan Satelit Indah, Kecamatan Sukomanunggal, Kota Surabaya, terbakar, Selasa malam (1/9/2020).

Sebanyak 7 mobil Dinas Pemadam Kebakaran Kota Surabaya dikerahkan guna menjinakkan si jago merah yang menghanguskan ruangan panel Genset, agar tidak menjalar di kawasan sekitar yang masih dihuni pasien rawat inap dan pengunjung.

Kanit Lantas Polsek Sukomanunggal, AKP Heri Iswanto, menuturkan, kejadian ini bermula sekitar pukul 17.20 Wib. Tiba tiba ada suara ledakan yang mengagetkan pengunjung rumah sakit.

“Setelah dicek sama petugas keamanan. Ternyata sumber ledakan berasal dari ruang panel genset. Setiba di lokasi, alat tersebut sudah terbakar dan ruangan penuh dengan kepulan asap hitam tebal,” ungkapnya di lokasi kejadian.

Selain mengerahkan mobil damkar, petugas linmas dan kepolisian setempat juga ikut serta mengamankan dan meminimalisir resiko penyebab kebakaran.

“Proses pemadaman memakan waktu sekitar 15 menit. Saat ini dilakukan pembasahan dan juga dicek komponennya mana saja yang terbakar,” imbuhnya.

Kuat dugaan, kebakaran itu disebabkan karena panel genset tidak kuat menahan beban dalam menyalurkan listrik ke seluruh ruangan. Ditambah suhu pada alat menjadi tambah panas hingga terjadilah korsleting listrik.

“Untuk sementara listrik di rumah sakit dipadamkan supaya tidak menimbulkan kembali korsleting listrik lanjutan,” pungkasnya.

Tidak ada korban jiwa dalam kejadian ini, para petugas kepolisian, linmas dan damkar telah selesai menyelesaikan tugasnya. Meski ada kebakaran, Pelayanan rumah sakit tetap berlanjut. (nto/jek)

Bagikan Ini

Komentar Anda

Komentar