Pengrajin piala tropi saat membuat tropi di kediamannya (Elok Aprianto/jurnalMojo.com)

Semarak Kemerdekaan di Jombang, Pengerajin Piala Tropi Banjir Order

JOMBANG (jurnalMojo.com) – Semarak perayaan hari kemerdekaan ternyata mendatangkan keuntungan bagi sejumlah pengrajin di Kabupaten Jombang Jawa Timur.

Berkah atau keuntungan di hari kemerdekaan Republik Indonesia itu dirasakan oleh seorang pengeraji piala di kota santri Cahyo Setyo (42).

Piala atau tropi kerap kali dibutuhkan dalam perayaan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia sebagai hadiah berbagai perlombaan untuk memeriahkan 17 Agustusan. Hal ini membuat pengerajin piala kebanjiran order hingga beromset miliaran rupiah.

Di kediamannya Jalan Halmahera, Kelurahan Kaliwungu, Kecamatan Jombang Cahyo melayani permintaan piala untuk hadiah lomba Agustusan. Dengan dibantu 60 karyawan, bapak dua anak ini bisa merakit 500 biji piala dengan berbagai macam ukuran.

Menurut penjelasan Cahyo, khusus di bulan Agustus ini, permintaan piala buatannya sudah mencapai 100 ribu biji. Permintaan tersebut meningkat dibanding hari biasanya.

“Menjelang Agustus ini bisa meningkat hingga 80 persen,” ujarnya saat ditemui sejumlah jurnalis di kediamannya, Kamis (8/8/2019).

Piala buatan Cahyo ini bervariasi, mulai berbahan plastik hingga logam. Harga pun juga bervariasi, mulai dari harga Rp 10 ribu hingga Rp 1,5 juta, tergantung ukuran piala.

Tidak tanggung-tanggung, omzet penjualan piala buatan Cahyo ini dalam sebulan bisa mencapai ratusan juta. Terlebih lagi di momen Agustus, omzet piala mencapai miliaran rupiah.

“Untuk omzet satu bulan, kalau kita bikin rata-rata satu hari kita target 4-5 ribu biji kita bisa sampai Rp 500 juta hingga Rp 1 miliar dalam satu bulan. Kalau Agustus ini lebih meningkat lagi karena setiap daerah membutuhkan piala trophy. Kalau Agustus bisa sampai Rp 1 miliar lebih,” katanya.

Piala buatan Cahyo ini, sering kali dipesan dari berbagai kota di seluruh Indonesia. Bahkan, orderan piala juga datang dari luar negeri.

“Alhamdulillah untuk usaha tropi ini bisa hampir melayani 85 persen kota di Indonesia. Rata-rata dari reseller, dari toko-toko, dan juag EO (Event Organizer), dan juga guru-guru TK (Taman Kanak-Kanak). Paling jauh kita sudah kirim ke Hongkong,” terangnya.

Sementara itu, salah satu pelanggan Nur Huda mengaku setiap tahunnya selalu memesan piala tropi ke home industri milik Cahyo tersebut.

Untuk Agustus 2019 ini, Huda telah memesan piala untuk murid TK di Kecamatan Sumobito, Jombang sebanyak 1.320 piala. Piala itu untuk hadiah lomba mewarnai, lomba permainan tradisional dan lomba karnaval 17 Agustus di tingkat Kecamatan Sumobito.

“Tidak hanya tiap tahun, bahkan tiap bulan saya pesan di sini. Harganya murah, kualitasnya juga sama dengan di toko-toko. Kualitasnya bagus,” tukas Huda. (elo/jek)

Bagikan Ini

Komentar Anda

Komentar