Mengaku Marinir, Pria ini Berhasil Menipu Puluhan Wanita

MOJOKERTO (jurnalMojo.com) – Seorang pria berhasil ditangkap Satuan Reserse Kriminal (Sat Reskrim) Polres Mojokerto lantaran telah melakukan aksi penipuan dan penggelapan terhadap beberapa wanita.

Pria ini diketahui bernama Eko Tugas Saputro (33) yang tak lain seorang Security asal Desa Sambiroto, Kecamatan Balongpanggang Kabupaten Gresik.

Eko ditangkap polisi lantaran berhasil menipu belasan wanita lewat media sosial Facebook.

Menurut pengakuanya, ia mengaku sebagai anggota Marinir bahkan mengunakan foto profil anggota Marinir berseragam lengkap untuk mengelabui korbannya, sehingga para korban mau diajak berteman di Facebook.

“Tersangka berkenalan dengan korbannya melalui FB, mengaku anggota Marinir yang bertugas di Surabaya,” kata Kasatreskrim Polres Mojokerto, AKP M Sholikin Ferry, Jum’at (28/06/2019).

Setelah berkenalan pelaku mengajak bertemu dengan korban. Rata-rata korban adalah perempuan.

“Setelah berkomunikasi korban diajak masuk ke kamar Hotel. Selanjutnya korban diajak jalan-jalan kemudian para korban diminta untuk melepaskan barang berharga miliknya seperti gelang, cincin dan Tas dengan dahlil karena mengandung aura negatif,” terang Ferry.

Masih kata Kasat usai disuruh melepaskan barang berharga miliknya korban diajak jalan-jalan kemudian berhenti di sebuah supermarket.

“Korban rata-rata disuruh pergi ke Alfamart untuk membeli minuman, disitulah barang-barang berharga korban dibawa kabur,” katanya

Dari pengakuan tersangka sudah puluhan perempuan yang menjadi korban, tak hanya di Mojokerto saja, pelaku juga pernah melakukan hal serupa di wilayah Lamongan dan Jombang.

“Pengakuan sementara diatas sepuluh sekitar 16 korban baik di wilayah Mojokerto, Lamongan dan Jombang,” tandas Ferry.

Akibat perbuatannya tersangka diancam dengan pasal 378 KUHP dan pasal 372 KUHP Jo pasal 64 KUHP dengan ancaman hukuman enam tahun penjara.(has/jek)

Bagikan Ini

Komentar Anda

Komentar