Penyerahan LHP dan predikat opini WTP dari BPK RI kepada Pemkab Sampang. (Deaz Terengganu/Jurnalmojo)

Pertama Kali Raih Opini WTP Dari BPK, Kabupaten Sampang Lepas Dari Kutukan

SAMPANG (Jurnalmojo.com) – Pemerintah Kabupaten Sampang Madura akhirnya meraih opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari BPK RI melalui Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) Provinsi Jawa Timur atas Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) Tahun Anggaran 2018.

Penyerahan laporan hasil pemeriksaan (LHP) diterima langsung oleh Bupati Sampang H. Slamet Junaidi di Kantor BPK Jatim, Jalan Juanda, Sidoarjo, Jum’at (17/5/2018).

Turut hadir pada penyerahan opini WTP dari BPK RI tersebut diantaranya Ketua DPRD Sampang Juhari, Sekdakab Putut Budhi Santoso, beberapa Kepala OPD dan Kabag Humas Pemkab Sampang Yulis Juwaidi.

Bupati Sampang H. Slamet Junaidi mengatakan jika opini WTP yang didapat tersebut merupakan suatu penghargaan atas keberhasilan Pemkab Sampang menyusun dan menyajikan laporan keuangan tahun 2018.

Menurutnya, hal itu merupakan suatu tekad kerja keras dari seluruh pihak dan berharap agar kedepan terus mampu mempertahankan predikat tersebut.

“Ini pertama kalinya Sampang meraih opini WTP dari BPK dan merupakan prestasi yang luar biasa, atas nama Bupati Sampang saya ucapkan terima kasih kepada seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang telah berjibaku untuk memenuhi target WTP,” ucapnya.

Pihaknya juga menyampaikan terima kasih kepada semua pihak yang selalu berkomitmen dan mendorong terciptanya tatanan pemerintahan Kabupaten Sampang untuk lebih Hebat dan Bermartabat.

Pemeriksaan dan audit oleh BPK RI sendiri dilaksanakan berdasarkan Standar Pemeriksaan Keuangan Negara (SPKN) antara lain meliputi pemeriksaan atas laporan keuangan, pemeriksaan kinerja meliputi atas aspek ekonomi, aspek efisiensi, dan aspek efektivitas dan pemeriksaan dengan tujuan tertentu, yaitu pemeriksaan yang tidak termasuk dalam pemeriksaan keuangan dan pemeriksan kinerja

Sekedar diketahui pula, sepanjang sejarah Kabupaten Sampang baru kali ini meraih predikat opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) karena pada sebelumnya selalu mendapatkan predikat Wajar Dengan Pengecualian (WDP). (eaz/jek)

Bagikan Ini

Komentar Anda

Komentar