Pelaksanaan Musrenbang tingkat Kecamatan Tahun Anggaran 2018, di Pendopo Kecamatan Kutorejo. (Pendim for jurnalMojo.com)

Bersama Forpimka, Danramil Hadiri Musrenbang Kecamatan Kutorejo

MOJOKERTO (jurnalmojo.com) – Danramil 0815/13 Kutorejo Kodim 0815 Mojokerto, Kapten Inf Desto Jumeno bersama Forpimka Kutorejo, menghadiri rapat Musrenbang tingkat Kecamatan Tahun Anggaran 2018, di Pendopo Kecamatan Kutorejo, Kabupaten Mojokerto, Jawa Timur, Selasa (06/02/2018).

Hadir dalam Musrenbang tersebut, Anggota DPRD Kabupaten Mojokerto, Abd. Khoirul Fatah, Kabid Sosial Budaya dan Pemerintahan Bappeda Kabupaten Mojokerto, Tri Rahardjo Murdianto, S.STP., Ka Dinas PMD diwakili Kabid Pemerintahan Desa, Drs. Junaedi, Kasi Pembangunan Kecamatan Kutorejo,.Sutejo, Kades dan Ketua BPD se Kecamatan Kutorejo, Tokoh Masyarakat dan Tokoh Agama serta undangan.

Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Kecamatan adalah forum musyawarah tahunan para pemangku kepentingan/stakeholders di tingkat kecamatan, untuk mendapatkan masukan mengenai kegiatan prioritas pembangunan di wilayah kecamatan yang didasarkan pada masukan dari hasil Musrenbang Desa, serta menyepakati rencana kegiatan lintas desa di kecamatan tersebut.

Camat Kutorejo yang diwakili Sekcam Mas’ud, dalam sambutannya mambahas tentang garis besar pembangunan yang akan dilaksanakan di wilayah Kecamatan Kutorejo.

Sementara Kabid Sosial Budaya dan Pemerintahan Bappeda Kabupaten Mojokerto, Tri Rahardjo Murdianto, S.STP. menjelaskan, bahwa tujuan Musrenbang di tingkat kecamatan yakni tentang prosedur administrasi pengiriman usulan program yang menjadi prioritas dari desa yang akan dikirim sampai tingkat kabupaten.

Sedangkan Kabid Pemerintahan Desa Dinas PMD Kabupaten Mojokerto, Drs. Junaedi menegaskan, dalam kegiatan Musrenbang ini agar usulan program dari desa-desa yang sesuai kebutuhan harus diprioritaskan.

“Untuk itu semua peserta harus berperan aktif dalam pembahasan bersama Tim dari OPD Pemkab Mojokerto, sehingga hasilnya lebih maksimal,” tegasnya.

Di waktu yang sama, pihak DPRD Kabupaten Mojokerto, Abd. Khoirul Fatah menandaskan, bahwa Musrenbang merupakan dokumen resmi, ADD agar tepat waktu dan produknya jelas.

“Administrasi yang ada di desa harus sesuai dengan kenyataan. Meski DPRD hanya mengawal program, tapi harus ada usulan dari bawah,” ujarnya.

Acara berlanjut diskusi dan tanya jawab yang dipandu Kasi Pembangunan Kecamatan Kutorejo, Sutejo.

Usai kegiatan, Danramil 0815/13 Kutorejo, Kapten Inf Desto Jumeno, saat dikonfirmasi mengungkapkan, pihaknya selaku bagian dari Forpimka siap mendukung program-program pembangunan pemerintah di daerah, baik fisik maupun non fisik yang merupakan usulan prioritas dalam Musrenbang kali ini.

“Pembahasan dalam Musrenbang ini tentunya untuk peningkatan kesejahteraan masyarakat,” pungkasnya. (dim/yus)

Bagikan Ini

Komentar Anda

Komentar