Guna Penanganan Penanggulangan Bencana Alam, Koramil Bekali Pelatihan Linmas

Jurnalis : M. Yusuf
Anggota Satuan Linmas saat mendapatkan pembinaan dan pelatihan tentang penanggulangan bencana. Foto : Pendim for jurnalMojo.com

MOJOKERTO (jurnalmojo.com) – Satuan Perlindungan Masyarakat (Linmas) penjuru seluruh desa di wilayah Mojokerto mendapat pembinaan dan pelatihan dari Koramil Jajaran Kodim 0815 Mojokerto. Kali ini giliran Linmas Desa Wunut, Kecamatan Mojoanyar, Kabupaten Mojokerto, jawa Timur, Senin (08/01/2018).

Kegiatan yang berlangsung siang hari di Balai Desa Wunut Kecamatan Mojoanyar dibuka Kades Wunut, Lilik Handayani S.Pd.I., kemudian sambutan Camat Mojoanyar  H. Faizun SH. MM dan dilanjutkan penyampaian materi oleh Kapolsek Mojoanyar, AKP Margo Sukwandi, SH.

Danpos Ramil Mojoanyar yang diwakili Sertu Suratin, memberikan materi bertajuk “Optimalisasi Peran Linmas Dalam Pam Swakarsa dan Penanganan Penanggulangan Bencana Alam”. Sertu Suratin menyampaikan, Linmas merupakan bagian dari warga masyarakat yang harus disiapkan, dibekali ilmu pengetahuan, keterampilan yang tanggap terhadap pengamanan di wilayah.

Di era globalisasi saat ini, keberadaan organisasi Linmas sangat mutlak dibutuhkan oleh masyarakat khususnya oleh Pemerintahan Desa. “Anggota Linmas harus dilatih, diberi ketrampilan dan pengetahuan sehingga nantinya dapat melaksanakan tugas secara profesional dan proporsional,” ujar Sertu Suratin.

Para Linmas wajib dan turut serta dalam kegiatan penanganan bencana alam di daerah, guna mengurangi dan memperkecil resiko dampak dari bencana alam.

Disamping itu, senantiasa berjiwa sosial yang tinggi, bisa memberikan pertolongan kepada sesama tanpa pandang pamrih tanpa memandang, suku, agama, ras dan antar golongan dengan mengedepankan kepentingan bangsa di atas kepentingan pribadi dan golongan.

Dalam pelaksanaan tugasnya, anggota Linmas harus bermitrakerja dengan Babinsa dan Bhabhinkamtibmas.

“Linmas sebagai garda terdepan dalam keamanan tingkat desa harus menjadi contoh dalam pengamalan nilai-nilai Pancasila, UUD 1945, NKRI dan Bhinneka Tunggal Ika,” pungkasnya.

Untuk meningkatkan kedisiplinan, dilanjutkan dengan pelatihan PBB (Peraturan Baris Berbaris) bagi 32 orang anggota Linmas, yang dipandu Sertu Suratin bersama Babinsa Wunut Sertu Bambang Waluyo dan Bhabinkamtibmas Brigadir Nasrudin. (dim/yus)

Bagikan Ini

Komentar Anda

Komentar