Pangdam V Brawijaya Resmikan Renovasi Pendopo Agung Trowulan

Jurnalis : Rony Yunarto
Pangdam V Brawijaya Mayjen TNI Arif Rahman saat menandatangani prasasti diresmikannya renovasi Pendopo Agung Trowulan. Foto : Rony Yunarto/Jurnalmojocom

MOJOKERTO (jurnalmojo.com) – Renovasi Pendopo Agung Trowulan, Mojokerto, Jawa Timur, telah selesai dilaksanakan dan diresmikan langsung oleh Pangdam V Brawijaya Mayjen TNI Arif Rahman, Minggu (17/12/2017).

Kegiatan yang digelar di halaman Pendopo Agung Trowulan Kabupaten Mojokerto tersebut, dihadiri oleh para undangan antara lain, Sekretaris Daerah provinsi Jawa Timur, Forkompimda Kabupaten Mojokerto, Forkompimda Kota Mojokerto, seluruh jajaran Kodim 0815/CPYJ, anak-anak yatim piatu dan masyarakat sekitar.

Program renovasi ini terlaksana atas kerjasama antara Kodam V/Brawijaya bersama dengan Provinsi Jawa Timur. Hal ini disampaikan oleh Pangdam V/Brawijaya, Mayjen TNI Arif Rahman disela-sela acara.

“Kita bersyukur atas terselesaikannya pembangunan renovasi Pendopo Agung Trowulan ini. Semua ini tidak lepas dari dukungan sepenuhnya oleh pihak Provinsi Jawa Timur, yang mana telah turut serta menyukseskan program tersebut,” katanya.

Pangdam V Brawijaya saat memotong nasi tumpeng disaksikan Danrem 082/CPYJ Kolonel Kav Gathut Setyo Utomo. Foto : Pendim 0815 for Jurnalmojocom

Selain itu, Pangdam juga menyampaikan bahwa pembangunan ini dimaksudkan untuk lebih membuat Pendopo Agung menjadi lebih indah, asri dan masyarakat akan lebih betah berkunjung ke Trowulan.

“Jika tempat ini indah, pasti lebih banyak lagi orang yang akan datang kemari. Disisi lain, tempat ini nanti bisa menjadi tempat wisata edukasi yang mana akan lebih banyak orang tahu sejarah kebesaran kerajaan Majapahit yang begitu tersohor itu,” paparnya.

Pangdam menambahkan, untuk rencana ke depan mungkin akan dilakukan penambahan-penambahan lagi. Namun tetap memperhatikan azas dan manfaatnya.

“Beberapa kali, Pendopo Agung ini dipakai untuk kegiatan Kodam, salah satunya lari 10K. Kita berharap, setelah renovasi ini semakin banyak kegiatan yang dipusatkan di sini,” tambahnya.

Pangdam V Brawijaya saat memberikan keterangan pers usai peresmian renovasi Pendopo Agung. Foto : Rony Yunarto/Jurnalmojocom

Lebih dari pada itu, lanjutnya, Pendopo Agung Trowulan ini sebagai pengingat bahwa dulu ada kerajaan besar yang mampu mempersatukan nusantara. Dan nama Kodam V/Brawijaya sendiri diambil dari salah satu gelar raja Majapahit yang begitu santun dan bijak.

“Harapan kami, dengan mengemban nama besar Brawijaya semoga seluruh prajurit Kodam V mampu mencontoh kebesaran raja Majapahit yang bijak, santun, ramah dan tegas. Agar mampu mengayomi masyarakatnya secara menyeluruh dan seutuhnya,” Pungkasnya.

Dalam acara sarasehan peresmian Pendopo Agung ini, Pangdam V/Brawijaya juga memberikan santunan kepada 100 anak yatim piatu dan 50 warga sekitar. Selain itu juga melibatkan para seniman khususnya para penari dan acara diakhiri dengan pagelaran wayang kulit.(ron/jek)

Bagikan Ini

Komentar Anda

Komentar