Demi Mendapat Nomor Antrian, Pemohon Berangkat Subuh ke Dispendukcapil

Jurnalis : M. Yusuf
Antrian pemohon administrasi kependudukan di kantor Dispendukcapil Jombang. JurnalMojo/M. Yusuf

JOMBANG (jurnalmojo.com) – Masyarakat Kabupaten Jombang, Jawa Timur begitu antusias dalam mengurus dokumen kependudukan. Hal tersebut dibuktikan dengan berjubelnya antrian di Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil setempat untuk perpanjangan kepengurusan dokumen maupun yang baru. Tidak jarang pemohon harus berangkat pagi buta untuk sekedar mendapatkan antrian terdepan. Rabu, (22/11/2017).

Seperti yang dialami Rukmila (47), warga Kecamatan Wonosalam ini mengaku datang sebelum subuh hanya untuk mendapatkan antrian terdepan. Dan ketika sampai di kantor Dispendukcapil, ternyata sudah banyak pemohon yang datang duluan.

“Karena beredar informasi jika datang siang maka tidak kebagian nomor antrian, sehingga Saya harus datang pagi-pagi,” terang Rukmila saat ditemui di kantor Dispendukcapil Jombang.

Sama dengan Rukmila, Samiji (39) warga Kecamatan Kabuh, juga sengaja datang pagi-pagi karena ingin segera memproses administrasi kependudukan keluarganya untuk keperluan pindah tempat keluar Jombang.

“Saya datang mulai pukul 04:00 wib. Ya karena minggu depan harus berangkat ke Kalimantan untuk kerja disana bersama dengan seluruh keluarga,” ujar Samiji.

Sementara ditempat terpisah, kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Jombang, Achmad Sharifudin mengatakan bahwa masyarakat tidak perlu panik dan datang pagi buta untuk mengurus administrasi kependudukan, karena semua pemohon pasti akan dilayani.

“Jam kerja kita mulai jam 08:00 – 15.00 wib. Jadi warga tidak perlu berangkat pagi-pagi, semua pasti terlayani. Untuk itu masyarakat harus tertib dalam antrian, sehingga prosesnya akan cepat selesai,” pungkasnya. (yus)

Bagikan Ini

Komentar Anda

Komentar