Google Panda, Update Terbaru Google Untuk Eliminir Situs Abal-Abal

Tekno (jurnalmojo.com) – Bagi pelaku bisnis online tentu tahu yang namanya Update Google Panda, Penguin atau Hummingbird. Sejak dirilis tahun 2011, banyak situs yang mengalami penurunan rating. Dan tentu saja dampak ini berpengaruh juga pada penurunan omset karena turunnya kunjungan pada situs. Lalu faktor apa yang membuat Update Google Panda  begitu berdampak pada situs-situs tersebut ?

Update Google Panda merupakan upaya Google untuk melakukan pembaruan Algorithma dan penyegaran data. Pembaruan disini dilakukan untuk meningkatkan kualitas pencarian organik di mesin pencari Google. Dengan demikian, Google akan merating situs-situs berkualitas untuk ditampilkan di atas, sebaliknya Google akan memberikan penalti atau menurunkan rating bagi situs abal-abal atau dengan konten tidak berkualitas.

Tak berhenti disitu, untuk meningkatkan kualitas ini  Google juga melakukan update Google Penguin dan Hummingbird. Namun untuk dua update terakhir mempunyai fungsi yang berbeda dari Google Panda. Update Penguin lebih fokus pada situs yang melakukan akal-akalan untuk meningkatkan rating di mesin pencari dengan menempuh cara Black Hat SEO. Karena tidak sejalan dengan Google Webmaster, Google Penguin akan memberikan penalti dengan situs yang menempuh cara ini. 

Sementara Hummingbird lebih fokus pada pengalaman pengguna di mesin pencari diluar kata kunci (keyword). Hummingbird memberikan update terbaru pada algorithma yang lebih mempertimbangkan konteks dan konten pada situs.

Beberapa penyebab penalti Google Panda paling umum diantaranya :
– Konten kualitas rendah, terlalu pendek dan tidak diriset dengan baik.
– Tata bahasa yang buruk
– Terdapat banyak broken link
– Terlalu banyak CTR dari mesin pencari (judul meta yang tidak tepat, meta description yang lemah)

Selain beberapa faktor diatas, Google Panda juga fokus pada masalah konten
– Kecepatan situs (loading) yang rendah
– Masalah Keamanan situs
– Persentase iklan yang tinggi pada konten
– Situs yang rumit dan susah dinavigasi
– Duplikasi konten

 Jadi bila anda pemilik situs yang  ingin menghindari warning atau penalti dari Google, lakukan update sewajarnya. Ingat, Google sangat menyukai kesederhanaan dan tidak menyukai situs yang rumit. (and)

sumber : dirolu.com

Bagikan Ini

Komentar Anda

Komentar