Babinsa, PPL Serta Poktan Dampingi Penyemprotan Massal Hama Wereng

Jurnalmojo.com
Penyemprotan hama wereng secara massal di Lebaksono Pungging
MOJOKERTO (jurnalmojo.com) – Merebaknya hama wereng mendapat atensi dari Dinas Pertanian bersama Petugas PPL serta Babinsa Koramil Pungging dan Poktan. Mereka bersama-sama memberikan pendampingan penyemprotan hama wereng.
Pendampingan penyemprotan itu sendiri dihadiri oleh Babinsa Desa Lebaksono Koramil Pungging Kodim 0815 Mojokerto Sertu Yulius Kay bersama PPL Kecamatan Pungging, H. Ro’uf.
Bahkan, Petugas Pengendali Organisme Pengganggu Tanaman (POPT) atau Petugas Pengamat Hama dan Penyakit (PHP) Dinas Pertanian Kabupaten Mojokerto, Sukar Harimulyo, turun ke areal persawahan untuk melaksanakan pendampingan penyemprotan hama tanaman padi secara massal di Area Pertanian yang dikelola Poktan “Maju” Dusun/Desa Lebaksono Kecamatan Pungging Kabupaten Mojokerto,  Kamis (06/07/2017)
 
Tindakan ini dilakukan terkait ditemukannya indikasi tanaman padi terserang hama wereng batang coklat (WBC), yang merusak tanaman padi para petani. Kegiatan penyemprotan hama menggunakan insektisida swadaya Poktan dan insektisida jenis Applaud 10WP dan Plenum bantuan Distan Kabupaten Mojokerto sebanyak 10 Kg.
“Penyemprotan massal ini bertujuan untuk mengendalikan hama wereng yang telah menyerang sebagian lahan milik petani,” ucap Ketua Poktan Maju, Hadi Supeno  yang diamini Sertu Yulius Kay saat di lokasi kegiatan.
Menurutnya,  tahap awal dilakukan penyemprotan pada sawah seluas kurang lebih 10 hektar dengan menggunakan insektisida jenis Applaud 10WP dan Plenum yang di dukung oleh Distan sebanyak 10 Kg.
“Tujuannya untuk mengantisipasi secara dini agar hama wereng tidak meluas serangannya dan tanaman padi dapat terselamatkan dari gangguan hama,” tambah Sukar Harimulyo, petugas PHP dari Dispertan Kabupaten Mojokerto.
Sementara itu, Danramil Pungging Kapten Inf Mujiono mengucapkan terima kasih kepada PPL dan anggota Koramil yang selalu sigap dan tanggap membantu para petani. 
“Selain itu, terjunnya Babinsa dalam penyemprotan hama merupakan bagian tugas pendampingan ketahanan pangan guna membantu petani dalam mendukung peningkatan hasil panen dan turut serta mensukseskan program Swasembada Pangan Nasional,” jelas Danramil. (dim/jek)
Bagikan Ini

Komentar Anda

Komentar