Pemkab Berdayakan Seniman Patrol Daerah‎

Jurnalmojo.com
Festival Musik Patrol ke 8 Pemkab Mojokerto 
MOJOKERTO ( jurnalmojo.com ) – Menyemarakkan bulan suci Ramadhan 1438 H/2017 M, Pemerintah Kabupaten Mojokerto melalui Dinas Pemuda, Olah Raga, Kebudayaan dan Pariwisata (Disparpora), kembali menggelar acara Festival Musik Patrol ke-8 yang dihelat di halaman Pendopo Graha Majatama, Sabtu (17/6/2017) malam.

Plt. Kepala Disparpora Kabupaten Mojokerto, Didik Chusnul Yakin, dalam laporan sambutannya mengatakan jika festival yang diikuti 30 tim peserta (kelompok seniman maupun pelajar) ini, bertujuan untuk melestarikan aspirasi nilai seni dan budaya tradisional khususnya musik patrol.

“Festival musik patrol memperebutkan piala bergilir bupati ini digelar sebagai bentuk aspirasi kepada seni, serta memberdayakan potensi para seniman patrol. Ini akan berguna untuk membangkitkan kesenian daerah,” terang Didik.

Senada dengan Didik, Agus Muhammad Anas selaku Asisten Pemerintahan dan Kesra Kabupaten Mojokerto, dalam sambutannya mengatakan jika kegiatan yang bekerjasama dengan Dewan Kesenian Kabupaten Mojokerto ini, diharapkan mampu menjadi media pengasah kreatifitas berkarya seni dan upaya pelestarian warisan budaya turun-temurun.



“Festival ini adalah agenda tahunan Pemerintah Kabupaten Mojokerto, selain memeriahkan bulan suci Ramadhan juga sebagai upaya pelestarian budaya. Nilai ibadahnya pun dapat, karena musik patrol memang identik dengan kegiatan membangunkan warga untuk makan sahur,” jelas Agus Anas membacakan teks sambutan Bupati Mojokerto, Mustofa Kamal Pasa.

Dari 30 tim yang berlaga, terpilih pemenang kategori Penyaji Unggulan yang diraih Patrol Jelita asal SMAN 1 Bangsal, Patrol Kembang Wangi Desa Jolotundo dan Patrol Tapas Batas asal Kecamatan Kemlagi. Disusul kategori Penyaji Harapan yang diraih Patrol Sanggar Tari Murwita dari Kecamatan Puri, Patrol Mbah Bledos juga dari Kecamatan Puri serta Patrol Jogorosok asal Kecamatan Trowulan. Penyerahan hadiah berupa trophy, piagam penghargaan dan sejumlah uang pembinaan, diserahkan langsung oleh Wakil Bupati Mojokerto, Pungkasiadi. [jek]
Bagikan Ini

Komentar Anda

Komentar