TNI Bangun 20 Unit Jamban di Desa Ngembat‎

Jurnalmojo.com
Anggota Koramil Gondang sedang membangun Jamban untuk warga Desa Ngembat

MOJOKERTO ( jurnalmojo.com ) – Guna meningkatkan masyarakat di wilayah perbukitan untuk hidup lebih sehat, Koramil 0815/18 Gondang melaksanakan pembuatan jamban khususnya bagi masyarakat kurang mampu yang tidak memiliki jamban keluarga di Desa Ngembat Kecamatan Gondang Kabupaten Mojokerto.

Sebanyak 20 jamban dibangun di Desa Ngembat itu tersebar di Dusun Ngembat dan Dusun Blentreng. Kegiatannya positif dan peduli sosial dilakukan Koramil Gondang melalui Program Bakti TNI “Gema Sang Juara” telah berlangsung sejak April lalu dan berhasil diselesaikan Rabu (07/06/2017) kemarin.

“Yang pasti, pembangunan jamban dilakukan sebagai salah satu upaya Koramil dalam mewujudkan sanitasi yang baik di lingkungan masyarakat, diharapkan melalui program jambanisasi, dapat membantu masyarakat yang belum memiliki jamban keluarga,” kata Danramil Gondang, Kapten Inf Sumiarso di sela-sela pengecekan jamban didampingi Kopka Herkun Babinsa Ngembat dan Kades Ngembat, Jalil, Kamis (08/06/2017)


Pihaknya mengaku, masih banyak warga yang belum memiliki jamban yang sehat dan warga membuang hajat di sungai. “Kalau warga membuang hajat di sungai maka air sungai akan kotor dan tercemar sementara banyak warga lainnya yang memanfaatkan air sungai untuk mandi dan mencuci,” mbuh Danramil
           
Kades Ngembat, Jalil menambahkan, pembuatan jamban ini diharapkan dapat mendorong warga lainnya yang belum memiliki jamban untuk segera membuat jamban di rumah masing masing. [jek]
Bagikan Ini

Komentar Anda

Komentar