Berfoto bersama Wali Kota Mojokerto dengan Penggemar Mobil Kuno Indonesia (PPMKI) di halaman SDN Purwotengah 2 (Nabilla Meilina/jurnalMojo.com)

PPMKI Bersama Wali Kota Mojokerto Gelar City Tour Soekarno Mengendarai Mobil Kuno R1

 Komunitas senam foto bersama di panggung dalam Wisata Desa (Ujeck/jurnalMojo.com)

MOJOKERTO (jurnalMojo.com) —  Kota Mojokerto menjadi saksi Presiden RI pertama Ir. Soekarno saat massa kecilnya. Perhimpunan Penggemar Mobil Kuno Indonesia (PPMKI) bersama Pemkot mojokerto menggelar City Tour Soekarno bertema Ing Tlahtah Majapahit yang berlokasi di rumah rakyat Kota Mojokerto, Minggu (16/01/2021).

Dalam kegiatan ini, menyuguhkan pertunjukan keris dance gubuk wayang yang sangat epic, bukan hanya itu saja kegiatan tersebut juga memamerkan mobil kuno milik Presiden Soekarno R1, ada 120 mobil yang ikut serta dalam city tour Soekarno kali ini.

Wali Kota Mojokerto Ika Puspitasari, menaiki mobil R1, dan mengajak semua anggota PPMKI yang ikut serta dalam kegiatan ini mengelilingi Kota Mojokerto mengikuti jejak sejarah Soekarno yang berada di Kota Mojokerto.

Ning Ita sapaan akrab wali kota mengatakan mobil R1 cukup nyaman walaupun sudah berusia puluhan tahun.

“Dengan naik mobil R1 yang ternyata luar biasa nyaman, meskipun usianya sudah berusia beberapa puluhan tahun,” tuturnya.

Ning menjelaskan pada Perhimpunan Penggemar Mobil Kuno Indonesia (PPMKI) bahwa Soekarno pernah bersekolah di SDN Purwotengah 2 di Kota Mojokerto.

“Karena Bapaknya Soekarno di dinaskan di Kota Mojokerto, keluarganya diboyong kesini, itulah mengapa Soekarno sekolah disini,” jelasnya.

Rute terakhir dari perjalanan ini menuju kembali ke rumah rakyat. Pengelolaan Gubuk Wayang Cytia Handy mengucapkan terimakasih pada PPMKI atas kunjungannya.

“Terimakasih atas kunjungan PPMKI, saya rasa kita bisa terus untuk melestarikan dan jangan sampai hilang,” ungkapnya.

Terpisah, Hiapy Suryakusuma (59), Ketua PPMKI, memaparkan mengenai mobil R1 keluaran tahun 1962 bermerk Olds Mobile Tipe Ninety Eight.

“Mobil ini keluaran 1962, cara mendapatkan mobil ini adalah hibah pilihan, jadi tidak semua orang memiliki karena ada syaratnya, mobil bermerek olds mobile tipe ninety eight  pemiliknya Alhm.Budi Santoso warga Surabaya,” ungkapnya.

Rute perjalanan dari tour ini menjelajahi  sejarah masa kecil Soekarno yang berada di Kota Mojokerto, salah satu titik sejarah Soekarno ada di SDN Purwotengah 2 yang dahulunya Presiden RI pertama mengenyam pendidikan 4 tahun di sekolah ini. (bil/jek)

Bagikan Ini

Komentar Anda

Komentar