Para korban bencana alam yang menerima bantuan rehab dari Dinas Perkim Jombang (Elok Aprianto/jurnalMojo.com) 

Dinas Perkim Jombang, Gelontorkan Dana Bantuan Rehab RTLH Korban Bencana Alam 

Tim dari dinas Perkim Jombang saat melakukan monitoring dan evaluasi (Elok Aprianto/jurnalMojo.com)

JOMBANG (jurnalMojo.com) — Dinas Perumahan dan Permukiman (Perkim) Kabupaten Jombang, Jawa Timur telah menyalurkan bantuan rehabilitasi Rumah Tidak Layak Huni (RTLH).

 

Sedikitnya ada sekitar 24 penerima bantuan tersebut, yang berada di dua kecamatan berbeda di Jombang.

 

Kepala Dinas Perkim Jombang Heru Widjajanto mengatakan, pihaknya telah menyalurkan bantuan untuk rehab RTLH terhadap 24 unit rumah senilai Rp 312.530.000. Anggaran yang diterima melalui P-APBD 2021 itu diserahkan ke para penerima melalui buku tabungan.

 

“Dana bantuan langsung diserahterimakan melalui rekening Bank Jatim langsung ke penerima bantuan. Bantuan dipergunakan untuk pembelian material dan upah pekerja,” ujar Heru pada sejumlah jurnalis, Senin (06/12/2021).

 

Lebih  lanjut Heru mengatakan, 24 unit rumah yang menerima bantuan tersebut tersebar di 2 kecamatan. Diantaranya, 5 unit rumah di Desa Saketi, Kecamatan Mojoagung. “Masing-masing menerima bantuan Rp 20 juta untuk peningkatan kualitas rumah tidak layak huni,” katanya.

 

Kemudian, 11 unit rumah di Desa Bareng, 4 unit rumah di Desa Ngampungan dan 4 unit rumah di Desa Ngrimbi, Kecamatan Bareng. Puluhan unit rumah ini mendapatkan bantuan untuk perbaikan pasca bencana, dengan total bantuan Rp 212.530.000.

 

“Dana bantuan sosial diperuntukkan untuk perbaikan rumah dampak bencana alam. Masing-masing penerima bantuan bervariasi sesuai dengan tingkat kerusakan rumah dengan jumlah total anggaran sebesar Rp 212.530.000,” tukas Heru.

 

Perlu diketahui semua dana bantuan telah disalurkan ke para penerima. Pihak Perkim Jombang juga telah melakukan monitoring dan evaluasi pekerjaan pada program peningkatan kualitas RTLH dan peningkatan kualitas RTLH korban bencana sebanyak 24 unit.(elo/jek)

Bagikan Ini

Komentar Anda

Komentar