Puncak Dies Natalis ke 4 Senyum Desa di Bandung.

Dipelopori Pemuda Sampang, Puncak Peringatan Dies Natalis Senyum Desa ke 4 Berlangsung Meriah

BANDUNG (Jurnalmojo.com) – Senyum Desa Indonesia menggelar rangkaian Dies Natalis ke-4 yang dibuka di Kabupaten Sampang dan dilanjutkan rangkaian kegiatan di beberapa wilayah.

Dies Natalis ke-4 ini mengangkat tema “Runtut Raut Sauyunan Sangkan Hirup jeung Huripna” yang berarti hidup rukun dalam kebersamaan agar mempunyai kesejahteraan hidup lahir dan batin.

Kebersamaan dalam konteks ini mengandung arti gotong royong, kerjasama atau saling membantu, saling mendukung, dan guyub untuk kebaikan bersama.

Peringatan Puncak Dies Natalis ke-4 digelar di Bandung Raya pada tanggal 11-14 November 2021, perayaan ini dikemas dalam bentuk pengabdian kepada masyarakat.

Kegiatan ini dihadiri oleh 12 Koordinator Wilayah Senyum Desa (Sampang, Gresik, Sidoarjo, Malang, Kediri, Bondowoso, Situbondo, Yogyakarta, Bandung Raya, Magetan, Jambi, Sumatera Barat) dari 20 Koordinator Wilayah yang tersebar di Indonesia.

Selain itu, kegiatan ini merupakan serangkaian bentuk nyata pengabdian senyum desa selama 4th dalam rangka mendobrak semangat pemuda mengahadapi indonesia emas pada tahun 2045 mendatang.

Rangkaian kegiatan di Bandung dimulai pada tanggal 11-12 dengan peresmian taman baca di 5 titik lokasi Kota/Kab di provinsi Jawa Barat, seperti : Kota Bandung, Taman Cyber Kabupaten Bandung, Madrasah Al-Amin Kota Cimahi, Kabupaten Sumedang dan Desa Suntenjaya Lembang Kabupaten Bandung Barat.

Sedangkan pada tanggal 13 yaitu kegiatan kunjungan UMKM di Desa Suntenjaya Lembang, sebagaimana tujuan dari kunjungan UMKM tersebut untuk medorong program UMKM di Desa Suntenjaya dalam bentuk program mengembangkan UMKM skala kecil yaitu peternakan sapi susu perah & peternakan cacing.

Rangkaian kegiatan hari ke-3 bergeser ke Kota Cimahi dengan keagiatan city tour dan berbagi makanan gratis kepada pedagang asongan/tunawisma/odgj/pengemis. City tour dengan menggunakan Sakoci (Saba Kota Cimahi) berkeliling Kota Cimahi dengan segala keunikannya yang dikenal sebagai kota tentara.

Kegiatan hari terakhir (14/11/21) merupakan acara puncak Dies Natalis 4th Senyum Desa Indonesia yang dilaksanakan di Kota Cimahi tepatnya berlokasi di Cimahi Techno Park yang dikemas Talkshow GEMPITA (Generasi Emas Pembawa Perubahan Bangsa Indonesia 2045). Selain dihadiri oleh 12 koordinator wilayah, acara puncak ini juga dihadiri oleh Plt.Kota Cimahi, Puteri Indonesia 2020 Rr. Ayu Maulida Putri,S.H., DPRD Provinsi Jawa Barat Reynaldy Putra Andita Budi Raemi, A.Md, DPRD Kota Cimahi Enang Sahri Lukmansyah,S.Sos.,M.M. dan Sobari serta OPD Kota Cimahi.

Enang Sahri Lukmansyah, S.Sos., M.M., DPRD Kota Cimahi yang turut hadir berkata ”Saya sangat bangga dengan Jawa Barat khususnya Kota Cimahi yang terpilih sebagai lokasi Dies Natalis 4th Senyum Desa. Berharap dengan dilaksanakannya kegiatan ini dapat mensupport dan mengenalkan kepada provinsi lain bahwa provinsi Jawa Barat memiliki sejuta UMKM yang bisa dikembangkan untuk mendukung perekonomian di Indonesia. Selain itu, berterima kasih atas program pembentukan taman baca di 5 titik yang sangat bermanfaat untuk terus meninggkatkan literasi anak-anak di pelosok Jawa Barat”.

Abdul Rozak, Founder Senyum Desa yang turut hadir di lokasi pengabdian menyampaikan apresiasinya kepada kawan-kawan Koordinator Wilayah Bandung Raya yang telah sukses menjadi tuan rumah Dies Natalis ke-4 ini.

“Melihat kelancaran kegiatan ini tentu persiapannya sudah sangat matang dan di konsep sederhana tetapi sangat tepat pada sasarannya,” ucapnya.

Seluruh kakak pengabdi di 20 koordinator wilayah yang sangat luar biasa turut serta dalam menyukseskan Gerakan Nasional 4.000 buku.

“Semoga kedepannya wadah ini terus bisa menjadi tempat bagi generasi muda Indonesia untuk mengabdi ke masyarakat dan dapat mengurangi generasi muda yang masuk ke dunia kenakalan remaja,” pungkasnya. (tmm/jek)

 

Bagikan Ini

Komentar Anda

Komentar