Kegiatan operasi pangan murah (Elok Aprianto/jurnalMojo.com) 

Peduli Stanting, ACT Jombang Gelar Operasi Pangan Murah 

JOMBANG (jurnalMojo.com) — Masih dalam situasi pandemi covid-19, tim ACT-MRI Jombang, Jawa Timur, gelar operasi pangan murah.

 

Kegiatan ini diharapkan mampu meringankan beban pemerintah dalam mengatasi stanting.

 

Pasalnya, angka stanting tercatat di Dinas Kesehatan Jombang, mencapai ribuan anak.

 

Kepala Cabang ACT Jombang, Hasan menjelaskan kegiatan ini merupakan upaya nyata dari ACT, mengingat dampak pandemi masih dirasakan sejumlah masyarakat.

 

“Merespon hal ini Tim ACT-MRI Jombang melaksanakan kegiatan Operasi Pangan Murah. Dalam giat ini difokuskan padan para penderita stunting di Kabupaten Jombang,” ungkap Hasan, Kamis (18/11/2021).

 

Ia merinci data dari Dinas Kesehatan Jombang tercatat 9618 anak di Jombang menderita stunting. Dan untuk itu, kegiatan operasi pangan murah dilaksanakan di Balai Desa Jombatan Kecamatan Kesamben.

 

“Sebanyak 50 paket logistik disiapkan berupa bahan pokok khusus untuk para penderita Stunting, mulai dari beras, tepung terigu, minyak goreng, dan gula,” katanya.

 

Ia menegaskan, kegiatan ini berkolaborsi dengan Dinas Kesehatan dan Puskesmas setempat, serta dukungan dari Bulog dan PT Phalosari Unggul Jaya menjadi faktor terlaksananya kegiatan ini.

 

“Logistik dalam paket operasi pangan murah merupakan produk unggulan yang sangat direkomendasikan untuk penderita stunting. Salah satunya beras fortivit, di dalam setiap bulirnya mengandung vitamin A, B1, B3, B6, B12, Zat besi dan seng,” paparnya.

 

Hasan menyatakan, stanting merupakan kondisi gizi buruk kronis yang harus segera ditangani sejak dini. “Akibat yang ditimbulkan dari stunting kedepannya adalah pertumbuhan perkembangan otak dan terganggunya pertumbuhan serta metabolism tubuh,” ucapnya.

 

Selain itu, sambung Hasan, kegiatan serupa juga dilakukan ACT di Balai Desa Sumber Mulyo Kecamatan Jogoroto. Sebanyak 50 paket logistic disiapkan untuk para penderita stunting.

 

“Program ini akan masif dilaksanakan untuk membantu para penderita stunting khususnya keluarga prasejahtera. Program ini tentunya membutuhkan dukungan dari banyak pihak dan sahabat dermawan. Kedepan kami berharap stunting segera ditangani sehingga tumbuhlah generasi Jombang yang baik,” tukas Hasan.

 

Sementara itu, upaya yang dilakukan ACT ini, disambut baik oleh kader posyandu setempat. “Kami sampaikan terima kasih kepada tim ACT Jombang sudah datang dan memberikan kontribusi pangan murah untuk warga kami khususnya penderita stunting, semoga kedepan acara ini terus berlanjut sehingga banyak orang terbantu, pungkas Samilah, Kader Posyandu Kesamben.(elo/jek)

Bagikan Ini

Komentar Anda

Komentar