Kondisi parkir yang semrawut ke bahu jalan salah satu faktor kemacetan di Psar Kedungdung. (Tammim/Jurnalmojo)

Jalan Raya Kedungdung Marak Parkir ke Bahu Jalan, Ketegasan Dishub Sampang Disorot 

SAMPANG (JurnalMojo.com) – Minimnya penertiban keberadaan parkir di depan pasar Kecamatan Kedungdung bahkan petugas parkir nekat markir motor hingga dibibir jalan menuai sorotan.

 

Terlihat di lokasi, parkiran yang hingga ke bahu jalan antara lain berada di depan Pendopo Kecamatan, depan Puskesmas Kedungdung dan di depan pasar sebelah selatan.

 

Aktivis muda Sofyan menyayangkan jika keberadaan parkir yang ada di sekitar pasar Kedungdung hampir rata-rata semuanya memakan bahu jalan, sedangkan hal itu tidak diperbolehkan.

 

“Parkir sembarangan di bahu jalan tanpa menaruh isyarat atau tanda peringatan dapat berpotensi menyebabkan kecelakaan,” ujarnya, Minggu, (14/11/2021).

 

Pihaknya menjelaskan dalam UU no 2 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan (UU LLAJ) pasal 121 ayat 1 yang berbunyi, setiap pengemudi kendaraan bermotor wajib memasang segitiga pengaman, lampu isyarat peringatan bahaya atau isyarat lain pada saat berhenti atau parkir dalam keadaan darurat di jalan.

 

“Kalau parkiran di pasar Kedungdung ini sangat tidak menyentuh pada UU tersebut, atau jangan-jangan ada keuntungan pribadi dibalik parkiran ini,” ujarnya.

 

Lebih lanjut ia mengatakan, seharusnya keberadaan parkiran di wilayah Pasar harus ditertibkan dengan baik sehingga tidak sampai mengganggu pengguna jalan lainnya.

 

”Ya seharusnya ada penertiban paling tidak disediakan lahan yang cukup agar tidak sampai ke pinggir jalan. Kalau seperti ini membuat jalan menjadi macet,” ungkap Sofyan.

 

Menanggapi hal itu, Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Sampang Aji Woluyo mengatakan jika parkir yang sudah memiliki surat ijin di pasar Kedungdung hanya satu, yaitu didepan pasar.

 

“Untuk parkiran yang mengantongi ijin di pasar Kedungdung hanya didepan pasar, adapun lainnya mungkin kawanan yang membantu atau kerjasama,” ucapnya.

 

Pihaknya juga menyalahkan terkait parkir yang sampai ke bahu jalan, seharusnya petugas parkir merapikan penempatan parkir jangan sampai mengganggu kondusifitas pengguna jalan lainnya.

 

“Kami akan panggil petugas parkir untuk dibina dan diperingati agar nantinya tidak menimbulkan kemacetan utamanya di wilayah Pasar,” pungkasnya. (tmm/jek)

Bagikan Ini

Komentar Anda

Komentar