Kondisi air sungai mencapai pondasi jembatan yang baru saja dibangun. (Tammim/Jurnalmojo)

Pondasi Terendam Banjir, Masyarakat Daleman Khawatir Jembatan Ambruk Kembali

Situasi banjir yang menggenangi persawahan.
(Tammim/Jurnalmojo)

SAMPANG (Jurnalmojo.com) – Kebahagiaan masyarakat Desa Daleman-Pesarenan Kecamatan Kedungdung Kabupaten Sampang terancam sirna setelah perbaikan jembatan yang baru selesai dikerjakan secara swadaya terendam banjir susulan, Minggu, (10/1/2021).

Pasalnya akibat diguyur hujan lebat di daerah Kecamatan Kedungdung-Robatal selama berjam-jam.

Pantauan media Jurnalmojo.com luapan sungai sudah menutupi pondasi jembatan yang baru selesai dikerjakan bahkan akan menutupi jembatan.

Sehingga hal itu membuat masyarakat setempat dilema dan melakukan peninjauan banjir di atas jembatan yang baru diperbaiki.

Salah satu warga yang ada di lokasi Syukron mengatakan jika masyarakat yang ada di atas jembatan khawatir pondasi jembatan yang baru dibangun longsor lagi karena adanya banjir.

“Arus sungai cukup deras sekali dan kedatangan banjir ini tak sebanding dengan turunnya hujan. Banjir ini membuat masyarakat dilema,” ucapnya.

Hujan yang terjadi di daerah Kecamatan Kedungdung sekitar tiga jam kemungkinan besar di daerah utara seperti daerah Kecamatan Robatal juga intensitas hujan masih tinggi.

“Untuk disini Dusun Laeran, Desa Daleman luapan air sungai hanya membanjiri persawahan saja Alhamdulillah tidak sampai ke pemukiman warga,” ujarnya.

Hal senada juga disampaikan oleh Tokoh Masyarakat setempat Akhdir bahwa banjir yang terjadi akibat luapan air sungai memang cukup besar namun belum menghawatirkan ke pemukiman warga hanya saja berdampak ke jembatan yang baru selesai dikerjakan ini.

“Nauzubillah terjadi sesuatu yang tak diinginkan, misilkan ambruk lagi kasihan masyarakat karena belum puas memanfaatkan,” ungkapnya.

Dirinya berharap terjadinya banjir susulan ini tidak merusak jembatan yang baru selesai dikerjakan.

Menurutnya dua hari yang lalu selesai dipasang gronjong batu dan diangkat kanal besi jembatan langsung diterjang luapan sungai tapi cuma separu.

“Kalau sekarang ini luapan air sungai menutupi pondasi jembatan bahkan hampir menutupi jembatannya, semoga walaupun baru selesai dikerjakan meski diterjang banjir jembatan yang baru selesai dikerjakan oleh masyarakat secara swadaya tetap utuh dan kokoh,” harapnya. (tmm/jek)

 

Bagikan Ini

Komentar Anda

Komentar