YBCJ saat gowes ke petilasan Damarwulan (Elok Aprianto/jurnalMojo.com)

Ingin Jaga Kesehatan di Tengah Pandemi Covid-19, Ini yang Dilakukan YBCJ

YBCJ saat hendak gowes menuju petilasan Damarwulan (Elok Aprianto/jurnalMojo.com)

JOMBANG (jurnalMojo.com) — Banyak cara dilakukan masyarakat untuk menjaga kesehatan di tengah pandemi Covid-19. Salah satunya dengan melakukan aktivitas olahraga.

Seperti yang dilakukan oleh sebuah komunitas sepeda ontel di Kabupaten Jombang, Jawa Timur.

Dengan gagasan ingin menjaga kesehatan tubuh. Para penggiat dan pengurus partai Golkar Jombang, mendirikan komunitas sepeda.

Hal ini dikarenakan para pelaku politik tersebut ingin tetap sehat dan terhindar dari Covid-19.

“Ide untuk mendirikan komunitas sepeda ini berawal dari keinginan pengurus DPD Partai Golkar, untuk tetap sehat,” ungkap koordinator Yellow Bike Community Jombang (YBCJ), Tjaturina Yuliastuti, pada sejumlah jurnalis.

Lebih lanjut ia menjelaskan jika YBCJ ini bukan klub sepeda.Tapi hanya sebatas komunitas sepeda yang ingin bergaya hidup sehat.

Ia mengaku berdirinya YBCJ ini bermula dari sering berkumpulnya anggota dan pengurus di kantor DPD Golkar Jombang. “Lalu tercetuslah ide membuat nama YBCJ,” katanya.

Ia menyebut komunitas sepeda yang baru berdiri pekan lalu ini, semula beranggotakan pengurus DPD Golkar Jombang.

Selanjutnya, komunitas ini kian berkembang anggotanya. Dan diikuti oleh ormas sayap dan organisasi pendiri Golkar.

“Bahkan kini, anggotanya bertambah dengan bergabungnya simpatisan dan masyarakat umum,” terangnya.

Menurut Tjaturina yang biasa dipanggil Bunda ini, siapapun boleh bergabung di komunitas Yellow Bike. Mengingat tujuan dari komunitas ini hanya untuk menjaga kesehatan tubuh ditengah pandemi Covid-19.

“Hanya saja kebetulan anggotanya dari Partai Golkar sehingga diberi label “yellow” sebagai identitas,” paparnya.

“Saat ini jumlah member mencapai lebih dari 50 pesepeda dengan berbagai jenis sepeda yang dimiliki. Bahkan, mereka tergabung dalam grup WhatsApp,” tegasnya.

Ia mengatakan bahwa YBCJ beranggotakan segala usia. Mulai dari remaja hingga manula.

“Sehingga terwujud kerukunan antar anggota YBCJ dengan warga,” ungkapnya.

Ia mengatakan untuk jadwal tetap gowes setiap hari Sabtu pukul 06.00 pagi. “Kita namakan “woles saturday” karena gowesnya santai,” ujar Tjaturina.

Dan untuk area berkumpul, ia mengatakan untuk start dan finish gowes santai YBCJ di depan kantor DPD Golkar Jombang Jalan KH Wahid Hasyim 32 Jombang.

Sedangkan untuk tujuan gowes, sambung Tjaturina, biasanya ke situs atau tempat wisata yang bersejarah di seputaran Jombang.

“Rute dicari yang bernuansa alam atau pedesaan dengan diselingi acara sarapan bersama di rumah kader atau sinpatisan Golkar yang kebetulan dilewati,” ucapnya.

Lantaran bukan klub sepeda, lanjut Tjaturina, komunitas ini memiliki aturan yang berbeda pada umumnya.

“Karena bukan klub sepeda, sehingga setiap gowes bersama memiliki aturan utama, yaitu apabila ada anggota gowes yang tertinggal harus ditunggui atau ditemani,” tukasnya.

Perlu diketahui untuk agenda Sabtu (19/09), YBCJ melakukan gowes ke situs petilasan Damarwulan yang ada di Kecamatan Megaluh Jombang. (elo/jek)

Bagikan Ini

Komentar Anda

Komentar