Lubang liang lahat yang dipersiapkan untuk jenazah KH Hasyim Wahid di kompleks pemakaman keluarga Ponpes Denanyar

Adik Gus Dur Meninggal Dunia, Ini Persiapan Pemakamannya di Jombang

Sejumlah santri yang membacakan ayat suci Alquran di Masjid Jamik Denanyar

JOMBANG (jurnalMojo.com) — KH. Hasyim Wahid (Gus Iim) dikabarkan meninggal dunia pada hari Sabtu (01/08), pukul 04.18 WIB, di RS Mayapada, Jakarta.

Adik bungsu Gus Dur itu, rencananya akan dimakamkan di kompleks pemakaman pondok pesantren (ponpes) Mambaul Maarif, Denanyar Jombang, Jawa Timur.

Hal ini membuat sejumlah pengurus Ponpes Denanyar, melakukan sejumlah persiapan. Termasuk menyiapkan lobang liang lahat yang berada di kompleks pemakaman KH. Bisri Syamsuri, Ponpes Denanyar.

Bahkan, sejumlah santri tampak membacakan ayat suci Al-Quran di dalam Masjid Jamik Denanyar.

Menurut keterangan salah satu keluarga Ponpes Denanyar, Mukhlina Sohib, almarhum sebelum meninggal berpesan agar nanti dimakamkan di kompleks pemakaman KH. Bisri Syamsuri.

“Sebagaimana kita ketahui keluarga besar KH. Abdul Wahid Hasyim yang selama ini wafat dimakamkan di Tebuireng, namun Gus Iin menghendaki dimakamkan di Denanyar,” ujar Mukhlina pada sejumlah jurnalis, Sabtu (01/08/2020).

Lebih lanjut Mukhlina menjelaskan jika pihak pengurus Ponpes Mambaul Maarif Denanyar, sudah melakukan persiapan.

“Persiapan pengurus sudah 90 persen. Dimana letak makam beliau. Dan kita hanya tinggal menunggu kedatangan jenazah dan keluarga besar dari Jakarta,” kata Mukhlina.

Saat ditanya pukul berapakah jenazah Gus Iin akan sampai di rumah duka. Ia mengaku jika kedatangan jenazah yang saat ini sudah diberangkatkan dari Jakarta akan tiba pada pukul 21.00 WIB. “Akan dimakamkan jam sepuluh malam,” terang Mukhlina.

Ia menegaskan jika almarhum selama ini mempunyai riwayat penyakit komplikasi. “Yang terakhir kemarin beliau sempat operasi usus, pemotongan usus 20 sentimeter. Dan dirawat sekitar 5 hari, dan sering keluar masuk rumah sakit,” ucap Mukhlina.

Disinggung mengapa Gus Iin meminta untuk dimakamkan di kompleks pemakaman KH Bisri Syamsuri. Yang letaknya di sebelah utara KH Bisri, dan bersebelahan dengan Gus Wahid Aziz.

Mukhlina menjelaskan jika selama ini, Gus Iin selama hidupnya mempunyai teman akrab. Salah satu teman beliau adalah Gus Wahid Aziz. Dan Gus Faruq.

“Beliau minta dimakamkan disebelahnya Gus Wahid. Dan mempunyai hubungan sangat dekat dengan beliau (Gus Iin, red) semasa hidup,” pungkas Mukhlina.

Berikut agenda pemakaman Gus Iin yang disiapkan oleh keluarga.

Rencana Pemakaman Hasyim Wahid bin Abdul Whaid Hasyim (Gus Iin).

1. Pukul 08.00 WIB, Jenazah dimandikan di RS Mayapada.

2. Pukul 09.30 WIB, Jenazah diberangkatkan ke rumah duka di Ciganjur.

3. Pukul 10.00 WIB, Jenazah tiba di Ciganjur, disemayamkan di Rumah Gus Yai untuk Giat Sholat Jenazah oleh keluarga.

4. Pukul 10.30 WIB, Jenazah dibawa ke Masjid Al-Munawarah Ciganjur.

5. Pukul 12.30 WIB, Jenazah diberangkat ke Denanyar, Jombang, Jawa Timur melalui perjalanan darat.

6. Pukul 21.00 WIB, Jenazah diperkirakan tiba di Pondok Pesantren Mambaul Ma’arif Denanyar, Jombang.

7. Pukul 22.00 WIB, Rencana Pemakaman di Komplek Pemakaman Ponpes Mambaul Ma’arif Denanyar, Jombang.(elo/jek)

Bagikan Ini

Komentar Anda

Komentar