Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini, sedang meninjau alat pengecekan suhu yang baru, thermal camera di pintu masuk balai kota, Jumat Siang (12/6/2020). (Foto/IST)

Pemkot Surabaya Ganti Alat Pengecekan Suhu Dengan Thermal Camera

Salah satu pengunjung sedang mencoba alat pengecekan suhu yang baru, Thermal Camera, di pintu masuk balai kota, Jumat siang (12/6/2020). (Foto/IST)

SURABAYA (jurnalMojo.com) – Pemerintah Kota Surabaya terus melakukan pencegahan penularan virus corona atau covid 19. Alat yang digunakan kali ini adalah thermal camera.

Sebelumnya, Pemkot Surabaya menggunakan thermo gun untuk mendeteksi suhu tubuh orang-orang yang akan memasuki wilayah Pemkot.

Koordinator Protokol Komunikasi, Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Surabaya, M Fikser, mengatakan, pergantian alat tersebut dilakukan sejak Rabu sore (10/6/2020).

“Ini bertujuan agar para petugas dapat menerapkan social distancing ketika melakukan pengecekan suhu tubuh. Kalau menggunakan thermo gun kan nggak bisa mengatur jarak,” katanya, Jumat siang (12/6/2020).

Untuk penggunaan alat tersebut, lanjut M Fikser, seseorang tinggal masuk ke dalam tenda yang telah dilengkapi dengan termal kamera. Setelah itu, suhu orang tersebut akan secara otomatis terdeteksi.

“Akan ada suara dari alat itu untuk menyatakan bahwa suhu orang yang diperiksa ternyata normal. Sama halnya ketika orang yang masuk ke dalam thermal camera tidak memakai masker, atau suhunya diatas normal,” jelasnya.

Fikser juga menyatakan, alat ini memiliki akurasi yang tinggi hingga mencapai 90 persen.

“Di dalamnya ada pengenalan wajah juga yang bisa terhubung langsung dengan face recognition,” ungkapnya.

Thermal Camera juga dipasang di tiga titik yang berada di Pemkot Surabaya. Dua di depan pintu masuk Balai Kota, dan satu lagi di lorong.

“Dua di depan itu, satu untuk orang yang jalan kaki dan satunya untuk mobil, jadi orangnya nggak perlu turun,” pungkasnya. (nto/jek)

Bagikan Ini

Komentar Anda

Komentar