Aktifis Perempuan Garda Mojokerto Emas saat membagikan masker kepada pengendara motor (Ujeck/jurnalMojo.com)

Relawan Garda Mojokerto Emas Bagikan Masker dan Ajak Masyarakat Hidup Sehat

Para Srikandi Mojokerto Emas saat berteduh lantaran hujan mulai turun (Ujeck/jurnalMojo.com)

MOJOKERTO (jurnalMojo.com) – Sebagai upaya untuk memutus mata rantai persebaran Covid- 19 terus dilakukan lapisan masyarakat paling bawah. Seperti yang digalakkan belasan aktifis perempuan yang tergabung dalam Relawan Garda Mojokerto Emas.

Dengan membagikan masker dan sosialisasi hidup sehat bagi pengendara di Jalan Raya Pugeran, Kecamatan Gondang, Kabupaten Mojokerto, Jawa Timur, Sabtu (25/4/2020) sore.

Para aktifis ini, dengan santun membagikan satu persatu masker kepada penguna jalan dan para pedagang di area pasar Pugeran. Hal tersebut dilakukan sebagai bentuk kepedulian sosial agar masyarakat desa, agar faham dan lebih mengerti tentang pencegahan dari persebaran virus corona itu.

Ny Jumanitri, Koordinator Aktifis Garda Mojokerto Emas menegaskan, dirinya bersama belasan Srikandi ini akan terus bergerak, untuk membagikan masker dan sosialisasi kepada masyarakat grassroots tentang pentingnya hidup sehat.

”Kami sengaja melakukan kegiatan ini, untuk mencegah merebaknya virus corona yang sudah mendunia ini. Jangan sampai, masyarakat desa tidak paham apa itu corona, bagaimana pencegahan dan pentingnya hidup yang sehat,” kata Mak Nyak, sapaan akrab Ny Jumanitri kepada jurnalMojo.com disela-sela pembagian masker.

Menurutnya, dengan mengunakan masker kemanapun pergi dan menjalankan aktifitas bisa mencegah persebaran virus. Termasuk selalu cuci tangan dengan mengunakan sabun atau dengan hand sanitizer.

Karena itu, lanjut Mak Nyak, masyarakat dikalangan pedesaan masih banyak yang cuek dan menganggap enteng wabah ini. Terlebih, masyarakat awam yang minim informasi dan perkembangan terkait apa itu Sosial Distancing atau Physical Distancing yang selalu digelorakan pemerintah daerah, baik TNI maupun Polri.

Selain di jalan raya Pugeran, dirinya bersama aktifis perempuan Garda Mojokerto Emas lainnya, bakal terus menyisir kampung dan terus membagikan masker. Termasuk mengkampanyekan untuk jaga jarak bagi masyarakat.

Sementara itu, Ny Sholihah, salah satu warga yang sedang belanja di pasar Pugeran, mengaku sangat berterima kasih atas pembagian masker dari para aktifis Garda Mojokerto Emas.

”Alhamdulillah, dengan pembagian masker gratis ini, saya pribadi baru tahu tujuan memakai masker. Apalagi soal Corona, namun setelah ada penjelasan dari mbak-mbak tadi, kami baru mengerti,” ujar ibu rumah tangga yang tinggal di Kecamatan Gondang ini.

Usai membagikan ribuan masker, para aktifis ini mengelar diskusi dan menentukan lokasi selanjutnya untuk kegiatan serupa serta berbuka puasa bersama. (jek/*) 

Bagikan Ini

Komentar Anda

Komentar