Bupati Jombang, Hj Mundjidah Wahab saat berada di acara Jambore Kader PKK Tingkat Kabupaten (Elok Aprianto/jurnalMojo.com)

Jambore Kader PKK Tingkat Kabupaten, Dibuka Bupati Jombang

JOMBANG (jurnalMojo.com) – Bupati Jombang, Jawa Timur, Hj Mundjidah Wahab membuka acara jamboree kader, Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (PKK) tingkat Kabupaten. Kegiatan ini dilaksanakan di gelanggang olahraga (Gor) Merdeka Kabupaten Jombang.

Bupati Jombang Hj. Mundjidah Wahab menyampaikan bahwa jambore kader PKK kabupaten Jombang diikuti oleh puluhan peserta. Yang masing-masing kecamatan mengirimkan 11 orang perwakilannya.

“Jambore PKK setiap tahun dilaksanakan, Kader merupakan contoh/teladan bagi semua PKK se Kabupaten Jombang, kader militan yang setiap saat dan setiap tahun mengikuti kegiatan dengan kerjasama, kekompakan untuk ikut serta dan berperan mensukseskan pembangunan yang ada di Kabupaten Jombang,” ujar Bupati Mundjidah.

Lebih lanjut Bupati Mundjidah mengatakan, seluruh anggota PKK dengan semangatnya membuat lingkungan yang bersih dan sehat, serta menjadikan keluarga yang kuat dan tangguh, bahkan tentang kesehatan, pendidikan, ekonomi dan sosial di seluruh kabupaten Jombang.

“Seorang ibu yang hebat adalah seorang ibu yang dapat memberikan motivasi dan dukungan sepenuhnya dalam rangka bekerja untuk pengabdian kepada Bangsa dan Negara, karena dari keluargalah ketahanan bagi keluarga. Pada hakikatnya semua keberhasilan dalam suatu negara, daerah, kecamatan maupun desa tergantung pada keluarga dan kembali kepada keluarga yang sesuai dengan aturan yang ada,” terang Bupati.

Masih menurut Bupati, PKK mempunyai tugas untuk menjadikan keluarga sejahtera yang dibantu pemerintah dalam hal dasawisma, kehidupan dimasyarakat, mengatur ekonomi, kesehatan, serta merubah mainset masyarakat terutama dalam berbagai bidang.

“Peran PKK bersama seluruh ormas perempuan dan seluruh masyarakat kabupaten Jombang harus dididik mulai dari keluarga, sehingga mampu menjadikan kabupaten Jombang menjadi kota santri yang bersih baik jasmani maupun rohani, serta bersih lingkungannya,” paparnya.

Imbuh Bupati, dan pada tahun 2020 dengan kepala desa yang baru di 286 desa akan diberikan pembekalan dan diberikan program dengan melaksanakan secara bersama yang menjadi tonggak panutan dan teladan bagi kader PKK yang ada di desa.

“Karena setiap tahun PKK memiliki program pendidikan keluarga, sosial dan lainnya sejak dulu, serta saat ini dikembangkan untuk bentuk implementasinya yang dimulai dari diri sendiri,” harap Bupati.

Sementara itu, Ketua Panitia Jambore PKK Nina Eksan Gunajatai mengatakann jambore PKK bertujuan memberikan penghargaan kampung PKK sekaligus meningkatkan mutu pengetahuan terhadap anggota, membangun karakter antara kader untuk saling mengenal satu sama lain sehingga menjadi tim yang solid.

“Peserta terdiri dari ketua tim penggerak PKK kecamatan beserta 1 orang kader kabupaten,” pungkasnya.

Perlu diketahui, setelah membuka jambore PKK Bupati Jombang menyerahkan penghargaan kepada desa yang menang lomba KB Kes juara 1 diraih oleh desa Pulogedang kecamatan Tembelang, Juara 2 desa Tambar kecamatan Jogoroto dan juara 3 desa pelabuhan kecamatan Plandaan.

Sedangkan untuk penghargaan Lingkungan bersih juara 1 diraih oleh Desa Badang, kecamatan Ngoro, juara 2 Desa Galengdowo kecamatan Wonosalam dan juara 3 oleh Desa Sukodadi kecamatan Kabuh.(elo/jek)

Bagikan Ini

Komentar Anda

Komentar